Kamis, 06 September 2012

Hanya Hal Sepele

Cerita super pendek.

Kemarin sore, saya pulang sekitar pukul setengah 6. Tepat di depan kosan saya, ada seorang pemuda membawa gitar dengan baju yang 'slengean'. Sepintas terlihat seperti pemuda tanggung yang 'berprofesi' atau iseng-iseng sebagai pengamen di perempatan. Pemuda yang terlihat pemalas dan pengangguran banyak acara. Itulah first impression saya ketika melihat dia sedang berjalan di depan kosan saya. Dan saya yakin, kebanyakan orang akan memiliki praduga seperti itu.

Beberapa meter dari pemuda itu, saya melihat seekor kucing kecil berwarna seperti Garfield yang berada di tengah jalan. Kemudian saya melihat pemuda tersebut bergerak mendekati si kucing kecil. Pikiran saya tentu saja akan diapakan kucing tersebut?

Ternyata, pemuda tadi mengambil kucing tersebut dari tengah jalan dengan cara mencubit leher kucing kecil tersebut seperti induk kucing yang membawa anaknya, lalu ia meletakkan kucing kecil itu di pinggir jalan, tepatnya di depan gerbang pintu kosan saya.

Sesaat saya sempat terkesima. Saya sendiri tidak mungkin melakukan hal sebaik itu terhadap binatang. Bukan karena tidak mau, tapi karena saya memang geli kalau menyentuh binatang. Itu memang hal kecil. Hal yang sangat sepele. Tapi, apakah kita akan melakukan hal yang sama? Pemuda yang penampilannya biasanya dicap kurang baik oleh masyarakat saja bisa berbuat seperti itu. Kita sebagai sesama makhluk Tuhan, akankah berbuat kebaikan kepada binatang?

Pertanyaan yang hanya masing-masing dari kitalah yang bisa menjawabnya. Hanya sebuah cerita untuk mengingatkan kita semua agar berbuat baik, meskipun hanya hal sepele :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar