Jumat, 22 Juni 2012

Kerja Praktik [Part 3]

Last word from previous post is Die. why? Karena selama ini gue hampir belum pernah ngedokumen dengan baik dan benar. Mulai belajar bikin dokumen itu waktu semester 4 di mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak. Ada 3 tubes, tapi di semua tugas itu, gue cuma ngerjain bagian yang gue dapet doang. Jadi, gue ga ngerti gimana caranya bikin keseluruhan dokumen dengan benar. Lanjut, bikin dokumen Sistem Informasi. Di situ juga sama, gue lebih sering bikin bagian-bagian yang gue dapet doang tanpa mempelajari keseluruhan dokumen.

Buat bikin dokumen tadinya mau nunggu template dari pembimbing, tapi karena ga dateng-dateng terus Hasby dapet contoh dokumen dari ka Atin, jadinya pake template itu deh. Begitu dapet dokumen, ngeliat sekilas. Wow! Isinya banyak banget *tambah mati*. Diliat lagi. Wew! Ini dokumennya gabungan RPL sama SI *mati beneran*. Gue pun mencoba mulai buka StarUML lagi. Mulai bikin usecase, liat-liat diagra dan gimana cara buatnya. Gue udah lupa aja gimana caranya. Haha. Mengingat-ngingat juga icon ini buat apa, simbol itu buat apa. Ya, kembali mengingat-ngingat sambil buka-buka dokumen lama. Oh, iya, gue juga dapet contoh dokumen RPL dari Ical yang emang asisten RPL dan orang yang terlalu imba di angkatan gue. Terpercaya lah ya dokumennya. Haha.

Udah sedikit inget, sambil ngikutin template, mulai deh bikin usecase diagram, lanjut ke kelas analisis, bikin sequence diagram, dan seterusnya sampai model perancangan. Ga cuma RPL sama SI ternyata. Tiba-tiba ada subbab yang isinya ERD a.k.a Entity Relationship Diagram yang dulu dipelajari di Basis Data. Graor lagi.    Gue mencoba buka visio. Cari-cari diagram ERD, terus ga nemu-nemu. Tanya om google dapetnya yang buat skema basis data. Akhirnya gue tanya temen gue yang tiap gue sekelompok sama dia, pasti dia yang bikin ERD. Gue coba tanya Aul, terus dia bilang dia buatnya pake Basic Flowchart. Oke. Pantesan gue ga nemu-nemu tuh diagram, soalnya gue nyari di bagian Software and Database. Bikin ERD-nya emang ga sulit, apalagi tabel-tabelnya udah ada. Jadi tinggal translasi dari basis datadi MySQL ke bentuk ERD doang. Kalo ternyata ngaco, maaf deh. Haha. Beres itu, lanjut bikin skema basis data. Ngisi daftar tabel. Selesai deh. Emm, bentar. Baru inget ada yang kelewat, di bagian antarmuka kayaknya belum ditambahin method-methodnya gitu. Haha. Ya udah lah ya, ntar aja. *males*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar