Jumat, 22 Juni 2012

Kerja Praktik [Part 2]

Hari Jum'at ini, gue udah mulai masuk kerja praktik minggu ke 4. Sudah 3 minggu, gue kerja praktik. Ah, tadinya gue mau mendedikasikan seluruh postingan mengenai kerja praktik Tim INTI (sebutan dari gue buat tim kape gue) di kpinfantri09. Nah, berhubung begitu gue baca-baca lagi cerita teman-teman seangkatan gue yang luar biasa itu. Gue jadi males posting di sana. Haha.

Kalau kerjaan teman-teman gue itu oke-oke, seru-seru, 'kerja banget'. Gue cuma berasa dapat tugas besar yang kayak biasa. Sebelumnya gue udah bilang, tim INTI dapet kerjaan bikin mobile app buat blackberry sama android nih. Terus datanya bakal di-retrieve dari web service. Awalnya bagi tugas gini, si Hasby mau android. Oke. Tersisa dua pilihan lain buat gue sama Hapsari. Gue ga mau blackberry karena inget cerita salah satu senior yang bilang kalo develop blackberry itu malesin. Jadi, gue milih web service dan kebetulan juga, Hapsari punya handset blackberry sehingga bisa langsung dicoba di handset.

Pembagian tugas beres. Mulai kerja. Hari-hari pertama kerja, gue nungguin data dari pembimbing yang bakal dipake buat aplikasi ini. Oh iya, sejauh ini aplikasi yang kami buat dikasih nama sama si Hasby INTI live! Nah, di hari kedua atau ketiga *maap lupa*, akhirnya kami dapat tuh si datanya. Sempat ditanya, untuk basis datanya mau pakai MySQL atau Oracle. Berhubung lebih familiar dengan MySQL, jadi ya pake MySQL deh. Hehe.

Begitu dapet data, gue yang kebagian ngerjain web service mulai mencoba masuk-masukin tuh data ke tabel. Bikin basis data dan mencari tahu gimana caranya convert .xls buat dijadiin .sql. Pokoknya gimana caranya masuk ke basis data deh. Di awal per-kape-an, gue masih semangat ngerjain tugas kp ini. Sorenya gue juga udah langsung coba-coba mau ngerjain aja. Tapi, internet rumah gue mati dan ga bisa googling. Terus panik sendiri, terus bete sendiri. Padahal kalo hari itu ga jadi juga ga masalah. Tapi, masih 'agak' semangat kape saat itu. Beruntung, malamnya internet pun kembali sehat. Nah, setelah tanya-tanya om google akhirnya terjawab deh caranya konversi. Ini ilmu pertama yang gue dapet. Nanti bakal gue kasih tau caranya di postingan lain.

Selesai konversi mengkonversi, gue disuruh hasby coba-coba bikin web service pake .NET gitu. Terus ga jadi pake itu. Gue juga ga mau pake JSP karena udah terlalu pundung sama JSP gara-gara tugas besar progin 3. I hate JSP!!! Yay, ujung-ujungnya kembali ke php. Setelah kembali menjelajah google yang cerita banyak tentang web service, gue memutuskan pake php dan JSON. Bisa juga pake php dan xml terus soap gitu. Cari yang gampang aja deh. Sempat dikasih tau sama salah satu senior lagi, kak atin, pake JSON di php tinggal pake json_encode sama json_decode. So then, problem solved. Gue lanjut bikin query-query sama fungsi di php buat nge-retreive data. Ga ada yang aneh-aneh, gue cuma pake query select, group by, dan querynya sama sekali ga ribet. Sejauh ini, semua fungsi query udah jadi. Kecuali, ada kebutuhan lain yang kelewat. Untuk alasan itu, gue jadi paling gabut di antara kami bertiga. Haha.

Di minggu kedua, Hapsari sudah beres bikin prototype buat antarmuka di android. Hapsari nemu tools yang super oke buat bikin mockup. Namanya pencil. Buat yang mau nyobain, here is the site Pencil. Pencil ini juga bisa jadi add-on di Firefox, tapi baru sampai version 11. Prototype itu akhirnya ditunjukkin ke pembimbing. Setelah setuju dengan mockup yang dibikin. Mulai deh, Hapsari sama Hasby ngoding buat interface INTI live! Dan gue? Gabut. Main sims social, baca komik, chatting, dan bengong.

Beres ngasih liat mockup, ternyata kami harus membuat dokumen perancangan gitu yang ada SRS-IDnya gitu deh. Graor. Gue inger itu ada di dokumen SI. Terus Hapsari sama Hasby bilang itu mah dari jaman RPL juga udah ada. Nanananana, Dan gue ga pernah inget -___-. Gue yang menggabut ini akhirnya dapet kerjaan ngedokumen. Bagian 'nyampah' *sorry for the unappropriate word* yang paragraf-paragraf panjang gitu dikerjain sama Hasby. Terus gue sisanya. Die die die die die!

To be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar