Minggu, 24 Juni 2012

Import Excel File To MySQL

Ada tujuh format file yang bisa di import ke dalam tabel basis data MySQL, yaitu:
1. CSV
2. CSV using LOAD DATA
3. Open Document Spreadsheet
4. SQL
5. Excel 97-2003 XLS Workbook
6. Excel 2007 XLSX Workbook
7. XML

Kalau import file dalam format .sql pasti bisa lah ya. Nah, sekarang coba buat yang excel format. Gue sempat coba langsung dari file excelnya, tapi hasilnya tidak sesuai harapan karena tipe datanya. Yang pernah gue alamin sih, bermasalah untuk tipe data DATE sama Decimal. Nah, buat yang DATE itu kalo mau langsung import dari file .xls atau .xlsx sebaiknya diubah dulu di excel formatnya jadi sesuai format tanggal kayak di MySQL. Kalo buat tipe data Decimal, gue juga masih ga ngerti. Kalo gue kemarin misal ada angka 329000. Nah, itu 0 nya jadi ilang semua. Oh iya, kalo di excel kan bisa bikin banyak sheet untuk banyak tabel di mysql. Sayangnya, ga bisa langsung dipindahin sekaligus, jadi harus per sheet untuk tiap tabel. Hm, atau mungkin bisa tapi gue belum tau caranya.

Cara yang paling aman untuk memindahkan isi satu sheet di excel itu pake file .csv. Gimana cara ngubah file excelnya? Tinggal file > save as > pilih format .csv aja kok :). Kalo udah dalam bentuk .csv, kita bisa import file pake option csv atau csv using load data. Bedanya apa? Kalo csv using local data ada pilihan use local keyword-nya. haha. Langsung aja deh, ini langkah-langkahnya.
1. Header nama kolom yang ada di file excel disamain sama yag di basis data MySQL, tipe datanya juga kalo bisa.
2. Simpan ke dalam format .csv.
3. Buka basis datanya sampai ke bagian tabel. Contoh: localhost>nama basis data>nama tabel
4. Pilih import di tab menu atas, terus pilih csv atau csv using load data.
5. Klik 'Go' yang ada di bagian pojok kanan bawah.
6. Lihat hasilnya :)

Oh, iya. Pada langkah ke-3 juga bisa masuk sampe nama basis data aja, dengan langkah yang sama, itu bakal bikin tabel baru. Kalo pake itu, ada pilihannya apakah baris pertama akan dijadikan sebagai nama kolom. Piliihan itu dicentang aja :). Jadi deh. Tapi, kalo pake itu, tipe datanya suka jadi ngaco-ngaco gitu. Hehehehe. Silakan dicoba aja deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar