Selasa, 18 Januari 2011

Well, I'm not A Decision Maker

Ini cuma sekedar cerita flashback gue aja dari gue masih kecil.
 
Hampir sebagian besar keputusan penting ga pernah gue ambil sendiri. Banyak banget contohnya, terutama selama gue menempuh pendidikan.

Gue pertama kali masuk sekolah itu sekitar umur 3 tahun. Waktu kecil, temen maen gue kebanyakan udah pada sekolah. Gue ngerengek-rengek minta sekolah. Akhirnya, umur 3 tahun karena belum boleh masuk TK, gue didaftarin ke TKA/TPA Aisyiah deket rumah sama nenek gue. Taman pengajian Qur'an itu tempat pertama kali gue merasa 'bersekolah'. Nenek gue bilang, "Anggep aja dia anak bawang di sini". Ya, gue emang masih terlalu kecil. Tapi ternyata gue bisa ngikutin pelajaran dengan lumayan baik di TPA. Emang sebelum masuk TPA pun gue udah bisa baca tulis. Jadi gue ga terlalu ketinggalan dari anak-anak yang jauh lebih tua dari gue. Emm, ada satu hal yang cukup bikin gue bangga sih dulu. Gue khatam Qur'an waktu gue umur 5 tahun :). Dulu, gue rajin banget baca Qur'an. Haha. Tapi kenapa sekarang jadi pemalas gini ya? Padahal gue sekarang udah bukan anak kecil lagi. Dan sebentar lagi malah gue udah mau memasuki usia yang udah bukan remaja lagi. Huft.
 
Udah 2 tahun sekolah di TPA. Umur 5 tahun, gue didaftarin ke SD deket rumah sama nenek gue juga -mulai sekarang gue panggil Mbah-. Ya, SD Islam Al Azhar 03 Cirebon. Sekolah Dasar dimana, kakak gue, sepupu-sepupu gue yang tinggal di Cirebon mengenyam pendidikan dasar di sana.  Eh, karena umur gue waktu itu baru 5 tahun, gue ga boleh ikut tes masuk SD. Alhasil, gue dilempar ke TK yang emang masih satu yayasan sama SD yang gue didaftarin sama nenek gue, TK Al Azhar. Langsung masuk 0 besar atau TK B. Setahun di TK, gue baru masuk SD. Oh iya, sebelum gue sempet masuk TK. Beberapa hari setelah Lebaran Idul Fitri, Mbah meninggal dunia dikelilingi anak-anak dan cucu-cucunya :(. Di saat gue juga belum bisa ngerasain dengan sepenuhnya kasih sayang seorang nenek, karena gue belum ngerti apa-apa. Itu nenek gue satu-satunya dari mama. Kakek nenek gue dari Papa, yang dipanggil Aki Eni sudah meninggal jauh sebelum gue lahir. Kakek dari Mama juga udah meninggal dari Mama gue kecil :(

Waktu gue kecil, gue pengen kayak sepupu gue yang pinter, namanya Ari. Dia cucu pertama dari Mbah. Dia sekolah di SD dan SMP Al Azhar. Dia juga masuk SMA Negeri 1 Cirebon.  Gue cuma pengen ngikutin jejaknya. Tapi, begitu gue mau masuk SMP, gue ga mau masuk SMP Al Azhar karena ada tante gue yang ngajar di sana *hehe, biasa bandel jadi takut dilaporin*. Dan gue malah jadi bingung mau masuk SMP mana.
Saat itu, SMP N 1 masih merupakan SMP terbaik di Cirebon disusul oleh SMP N 5. Gue ga tau mau masuk SMP mana. Akhirnya di pilih sama Papa. Akhirnya gue daftar SMP 1 pilihan pertama dan SMP 5 pilihan kedua sesuai perintah Papa.
 
Hal yang sama juga berlaku waktu gue mau masuk SMA. Dari dulu gue mau masuk SMANSA, tapi begitu gue mau masuk SMA ada kabar angin bahwa SMANSA udah mulai jelek. Jadi gue sempet mau masuk SMANDA. Apalagi SMANDA udah mulai ngebuka kelas SI (Standard Internasional). Tapi, tetep aja di saat gue harus nentuin pilihan gue bimbang. Akhirnya, gue nurut apa yang disuruh Papa. Gue ambil SMANSA jadi pilihan pertama dan SMANDA jadi pilihan kedua. Karena memang saat itu SPENSA maupun SMANSA memiliki passing grade tertinggi. Jadi ga mungkin gue memilihnya secara terbalik.

Pertama kali gue ambil keputusan sendiri waktu gue SMA. Gue mau masuk ITB karena dari kecil gue mau jadi insinyur --walaupun sekarang gelarnya jadi ST--. Nah, Papa maunya gue masuk kedokteran. Tapi, dia juga tau gue paling ga suka biologi. Nilai biologi gue paling kacau dibandingkan dengan nilai IPA gue yang lain. Hahaha. Kali ini, tekad gue bulat. Gue ga bimbang. Tapi, malah Papa sama Mama yang khawatir. Alasannya, dari dulu gue selalu bisa masuk sekolah pilihan pertama gue dengan mudah. Gue belum pernah menelan hasil bahwa gue gagal sebelumnya. Sampai-sampai Mama sama Papa minta gue ikutan PMDK dan lainnya. Tapi, gue ga mau. Sebenernya gue punya kesempatan buat coba PMDK UI waktu itu. Tapi gue juga telat daftar dan telat dapet info :D. Lagian, gue ga mau juga masuk UI.

Tes pertama yang gue ikutin SIMAK UI. Yah, karena gue SMA merupakan pemalas tingkat tinggi, gue ga paham tentang materi apapun sampai gue mulai belajar pelajaran 3 tahun dikebut 1 minggu sebelum SIMAK UI. Kelihatan dari usahanya kan? SIMAK UI gue ga lolos. Entah, berapa orang temen seangkatan gue yang lolos saat itu. Dan yang pasti gue GA LOLOS. Gue sedih sih gara-gara belum bisa nenangin orang tua at least gue udah punya pegangan bangku perguruan tinggi. Tapi, di sisi lain gue seneng. Gue ga suka UI. Gue ga mau masuk UI.

Ujian kedua yang gue ikutin adalah Utul UGM. Hehe. Gue ujian dimana tepat malamnya gue demam cukup tinggi. Dan gue cuma yakin ngerjain Matematika Dasar dan Matematika IPAnya. Hehe. Sisanya ya lumayan ga ngerti apalagi Biologi :P. Tetep ga lolos! Hm. Pengumumannya saat itu bertepatan dengan hari ulang tahun gue. Dan itu tepat sehari setelah UAN selesai. Padahal Papa pengen banget anaknya ada yang sekolah di Yogyakarta. Tapi, gue sama sekali ga mau kuliah di Yogya. Jadi, walaupun masih dagdigdug dan bikin gue dan orang tua gue ga tenang, gue sedikit bersyukur juga :D

Sebenernya agak ga keruan juga sih waktu itu. Udah banyak banget temen-temen gue yang keterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dan kalau ga salah udah lebih dari setengah temen sekelas gue yang keterima. Sedangkan gue masih berstatus siswi SMA yang belum tentu keterima di perguruan tinggi manapun.

Haha. Ditengah kedesperatean gue, gue diajak sama temen yang emang pengen masuk ITB juga waktu itu buat ikut bimbel di SSC Bandung. Itu udah libur. Satu bulan sebelum USM terpusat. Gue ga ikut USM Daerah karena buat gue itu mahal banget. Akhirnya sebulan gue bimbel di Bandung. Gue belajar serius. Gue freak belajar. Karena itu emang yang gue mau. Gue milih STEI sama FTSL *pilihan satunya gue lupa*. Satu hal lagi nih, gue waktu mau milih jurusan waktu SIMAK UI sama UM UGM, jurusannya dipilihin sama Papa. Cuma STEI doang yang jadi pilihan gue sendiri. Itu pun gue pilih karena berharap mimpi gue yang beberapa kali udah jadi mahasiswa STEI merupakan petunjuk dari Allah. Dan Alhamdulillah itu memang jawaban yang dikasih oleh Allah.

Itu satu-satunya keputusan yang gue ambil. Sisanya hasil rundingan dan saran dari Papa. Sekarang, bahkan ngambil mata kuliah apa aja gue masih belum bisa nentuin sendiri dengan tegas. Sekarang gue udah masuk semester4. Alhamdulillah nilai gue masih memungkinkan ngambil sks lebih. Tapi, gue bingung. Gue denger cerita katanya semester4 IF bakal kewalahan. Gue ga berani ngambil lebih. Tapi, Papa sama kakakku bilang, sayang aja kalau ga diambil. Tapi, gue takut nilai gue jadi kacau lagi. Pada akhirnya gue balik lagi nurut sama saran Papa buat ngambil aja. "Kenapa ga berani? Mumpung masih muda juga kan? Kuliah mah pasti berat. Kan katanya jaga ga ada yang ringan. Tapi, kalau mau usaha mah insya Allah bisa."

Bahkan, dari hal kecil pun gue hampir ga bisa ngambil keputusan sendiri. God, I'm not a decision maker. Tapi, gue pengen bisa bikin keputusan sendiri dengan baik!

2 komentar:

  1. wah menarik ternyata rachma begini toh. jadi kenal rachma lebih dekat hehehe..
    mulai dari keputusan2 kecil aja rach. pasti bisa! semangat ngambil sks lebih :)

    BalasHapus