Jumat, 08 Februari 2013

Semester 8

Hopefully, it'll be my last semester as an informatics engineering student.

Semester ini, gue ambil 14 sks. Tentu saja 4 sks untuk IF4099 a.k.a. Tugas Akhir II, 3 sks Komposisi, 2 sks Psikologi Terapan, 3 sks Pembangunan Perangkat Lunak dan 2 sks Kualitas Perangkat Lunak. Yang paling berat? Sepertinya TA. Hahaha. Gue ceritain satu-satu deh ya setelah gue kuliah 3 minggu.

Komposisi
Kuliah ini, gue diajar oleh Bu Ratna, dosen TTKI waktu gue TPB. Seru. Kembali belajar bahasa Indonesia. Mata kuliah yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang tidak bisa menulis dengan benar seperti saya. Untuk anak informatika, mungkin kuliah awalnya seperti mengulang Tugas Akhir 1 karena harus membuat pra-proposal tugas akhir dan sebagainya. Tapi, beruntung karena pada mata kuliah ini, kita diharuskan menyelesaikan hingga bab 3, dimana kita sudah menyelesaikannya sebelumnya. Sebagian besar anak informatika tentu saja sudah seminar TA1 di awal semester ini. Lumayan, hitung-hitung dikoreksi tata tulis kita di TA.

Psikologi Terapan
Kebetulan, gue baru masuk kuliahnya satu kali. Minggu pertama libur Maulid Nabi dan minggu lalu saya sakit. Hehe. Sebenarnya terdapat 4 kelas yang dibuka dengan dua orang dosen baik hati. Gue di kelas 03 dan mendapat dosen Bu Fadhillah yang masih muda. Oh iya, kelas 01 dan 02 digabung, begitu pula dengan kelas 03 dan 04. Kuliahnya menyenangkan. Sepertinya kita akan bisa lebih memahami manusia dan interaksi sosial yang ada setelah belajar kuliah ini. Kemarin dipertegas oleh dosennya, kalau UTS dan UAS kita cukup baik dan kita terhitung cukup rajin datang kuliah, nilai AB bahkan A ditangan deh. Hehehe.

Pembangunan Perangkat Lunak
Ini salah satu mata kuliah S2 yang gue ambil. Belajar tentang pembangunan perangkat lunak mulai dari analisis, perancangan, dan sampai aspek. Hmm, sebenarnya kalau gue pikir seperti gabungan dari kuliah RPL dan APBO karena concern di PPL ini juga OO dan gue baru ambil APBO semester lalu, isinya sama, bahkan ada design pattern dan aspect oriented-nya juga.

Kualitas Perangkat Lunak
Satu lagi mata kuliah S2. Diajar oleh Bu Hira. Kalau di PPL, kita belajar bagaimana membangun perangkat lunak yang baik, disini kita belajar tentang bagaimana menjaga kualitas dari perangkat lunak itu sendiri dari berbagai aspek -ility yang ada. Di PPL juga, semua -ility itu dipelajari. Semakin tumpang tindih memang materi untuk tiap mata kuliah di Informatika. Tetapi dengan begitu seharusnya, gue bisa jauh lebih memahami apa yang sudah gue pelajari sebelum-sebelum ini. Hahahaha.

Tugas Akhir 2
Kuliah ini nightmare buat gue! Hahaha. Panik. Stres. Bingung. Entahlah. Campur aduk. Kuliah yang menentukan kita lulus atau tidak sebagai seorang sarjana teknik informatika. Nyeeem. Belajar sendiri. Kerja sendiri. Nugasin diri sendiri. Kalau ga ada yang nyemangatin dan nyuruh-nyuruh gue ngerjain, mati juga ini. Ya sudahlah. Mari kita jalani saja semua ini. Tuhan bersama mahasiswa tingkat akhir! ~ quote dari Edo dan Sasri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar