Minggu, 05 Mei 2013

Energy Management

Salah satu fitur yang ada di Brownie Z. Laptop saya ini Lenovo seri Z400. Nah, fitur energy management-nya asik.

Energy Management 
Lucu ya? Ada 4 fungsi utama untuk Power Plan, Battery, Dust Removal, dan Intelligent Power Saver.

Power Plan
Yang ini sama kayak biasa, ada pilihan Power Saver yang digambarkan dengan sepeda, Balanced digambarkan dengan mobil, dan High Performance digambarkan dengan Shinkansen.

Battery
Kalau di fitur pilihan untuk battery, ada 3 nih. Untuk icon yang paling kiri, terdapat dua pilihan mode, Maximum Battery Life yang bisa memaksimalkan waktu pakai batere selama uncharged dan Optimized Battery Life yang memaksimalkan battery lifespan atau umur si batere dan akan berhenti charging saat batere terisi 60%. Icon yang ditengah Battery Gauge Reset untuk melakukan kalibrasi indikator batere karena biasanya akurasi akan berkurang seiring berjalannya waktu. Belum pernah dicoba soalnya. Yang terakhir, itu untuk melihat status batere laptop. FYI, di seri Z400 ini baterenya ga bisa asal lepas pasang.

Dust Removal
Ini fitur yang oke parah. Bisa membuang debu yang menempel di bagian dalam laptop, jadi ga perlu bongkar-bongkar laptop kalau mau membersihkan debu. Tinggal tekan tombol Start dan tunggu beberapa saat. Voila! Debu pun akan keluar dari bagian di sebelah kiri laptop. Dulu, waktu saya masih dengan Kira, saya minta tolong teman untuk membersihkan laptop saya yang berdebu dan suka kemasukan remah-remah makanan terus jadi overheat. Sekarang, there is a simple way to remove the dust. Laptop ini juga ga gampang panas, sudah hampir sebulan saya gunakan dan temperaturnya oke.

Intelligent Power Saver
HDD Power Saver ini bisa digunakan untuk menyimpan power yang biasa dipakai oleh harddisk. Defaultnya on kalau Power Plan diatur Balanced dan laptop sedang menggunakan battery power. Mungkin karena ini, laptopnya jadi ga berisik. Ga ada suara 'nguing-nguing' harddisk.

Seandainya ada fitur energy management untuk manusia. It's gonna be cool.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar