Jumat, 15 Maret 2013

Fitness dan Body Fat

Kemarin, gue dapet voucher fitness gratis di Celebrity Fitness dari Aul. Terus akhirnya gue, Aul, sama Hapsari berangkat fitness dari jam 5.30 sampe hampir jam 9. Hahaha. Itu pertama kalinya gue ikut fitness. Begitu sampai, hal pertama yang dicoba adalah treadmill. Di tempat fitness seru ternyata, kita bisa treadmill sambil nonton TV dan channel yang gue tonton adalah acara masak dan makan. Hahahaha.

Abis treadmill kita langsung lanjut yoga. Pertama kalinya juga gue ikut kelas yoga. Hahaha. Di bagian-bagian akhir ada gerakan yang ga bisa gue ikutin. Terutama bagian ngangkat tubuh pakai kedua tangan kita. Susaaah! Tapi, kata instrukturnya lumayan untuk yang pertama kali ikutan yoga.

Selesai yoga, kita cardio lagi, nyoba yang kayak mengayuh sepeda itu (gue ga tau namanya apa). Nyoba yang buat lari lagi tapi buat treadmill juga, terus ditunjukkin alat yang buat ngebentuk perut sama Aul. Terus mampir ke daerah angkat beban dan kita ngobrol sama instrukturnya.

Pas ngobrol sama instruktur, lumayan dapat pengetahuan baru tentang angkat beban buat menghilangkan lemak. Kalau mau menghilangkan lemak itu, ga bisa pas masih lembek gitu lemaknya, harus dikerasin dulu dengan angkat beban. Abis itu baru deh dibakar dengan latihan cardio. Kalau buat fitness, pertama itu latihan cardio buat pemanasan maksimal 15 menit, angkat beban sekitar 45 menit, terus cardio lagi buat ngebakarnya. Hemm. Terus ngomongin masalah otot juga karena kalo cewek kan serem juga kalo jadi berotot gitu, tapi katanya cewek ga segampang itu kok ngebentuk otot. Meskipun berotot juga ga mungkin sampai kayak cowok. Kalo cowok sendiri dengna latihan rutin selama 2 minggu aja udah cukup buat ngebentuk otot sampai terlihat seperti cowok-cowok kekar. Kalau cewek, buat sekedar menghilangkan lemak dan sedikit ngebentuk otot itu yaa sebulan laaah.

Dari ngobrol-ngobrol itu, Aul dan Hapsari jadi inget kalo gue belum ditimbang lemak. Dan akhirnya gue pun ditimbang -_-. Dan ini hasilnya.


Berat gueee turuuuun! Parah! #sedih. Tapi gue cukup berlemak. Gue ceritain sedikit arti dari kertas kayak struk itu deh. Saat ditimbang dengan alat yang namanya Tanita itu, harus dimasukin Gender, Age, dan Height. Setelah itu, berdiri di atas timbangan, dan jeng jeng jeng! Hasil pun keluar.

Weight ini ya berat bedannya berapa, terus ada perhitungan BMI-nya. Menurut hasil BMI (Body Mass Index) itu, gue masih underweight. Graor. Ada yang bilang 18 itu udah normal, ada yang bilang 18.5 dan di CelFit yang normal itu 19, dan gue 18.2 -_-. Bisa kelihatan juga BMR (Basal Metabolic Rate)-nya, disitu keliatan 1064 kcal. Itu penanda tubuh kita bisa membakar kalori seberapa banyak ketika beristirahat. Kalau yang bagus itu katanya minimal 1500 kcal, jadi gue masih kurang 500 lagi. Impedance itu berhubungan dengan kemampuan tubuh mengalirkan arus listrik gitu deh dan ini satu-satunya yang sudah bagus di tubuh gue. Fat% merupakan persentase jumlah lemak yang ada di tubuh kita. Fat Mass ini jumlah lemak yang ada di badan sedangkan FFM (Free Fat Mass) merupakan berat badan bebas lemak, ngitungnya ya tinggal berat badan total dikurangi berat lemak. TBW (Total Body Water) adalah jumlah cairan/air yang ada di dalam tubuh. Katanya kan cairan dalam tubuh manusia itu bisa mencapai 90%. Nah, Desirable Range yang gue dapet itu Fat%-nya 17-24% sedangkan Fat% gue 20.8%, jadi sebenarnya gue udah normal kalo menurut beberapa tabel yang bisa dicari di google. Tapi kalau menurut tabel yang kemarin gue lihat di CelFit, angka 20.8% itu cuma berada di Average. Kalau mau masuk level Good harus berada antara 16-19%. Makanya di Targer BF% (Body Fat %) gue tertera angka 16%. Kenapa 16? Katanya biar kalau turun lagi 1-2% tetep masih berada di range Good. Menurut hasil timbangan lagi, gue masih harus mengurangi lemak yang ada di tubuh gue sebanyak 2.4kg. Nyeeem. Lemak gue nempel di perut semua. Hahahaha.

Kalau ada yang mau ngeliat penjelasannya, bisa dilihat di gambar ini.

Sumber: www.ehorton.com/HHI/documents/tanita.pdf

Oh iya, kemarin itu gue nanya, kan ceritanya berat gue kurang tapi lemak gue berlebih. Nah, tujuan fitness itu ya di situ, kita harus mengubah lemak itu jadi otot. Susah yaaak! Hahahaha. Ya sudahlah, seenggaknya gue ga obesitas walaupun badan gue belum oke parah. Satu hal lagi yang gue dapet dari fitness adalah ngeliatin cewek-cewek dengan tubuh oke dan pakaian yang super sexy :D. Gimana kalo cowok yang ngeliat yak? Gue aja yang cewek ngeliatin cewek sexy gitu seneng. Eh, ini bukan berarti gue lesbi yak. Gue masih normal kok, masih suka cowok (seenggaknya Kimi masih cowok, kan? :p). Hahahahhahaha.

Nah, sebelum kita mandi dan pulang. Kita sempat sauna-an dulu. Panaaaaaaaaaaas! Itu pertama kalinya gw sauna. Pas awal-awal masuk ruangannya, gue hampir ga bisa napas. Tiap narik napas, hidung gue berasa dibakar. Uft. Hahaha. Tapi ternyata after effect-nya yang bikin nagih. Beres sauna itu rasanya badan jadi seger dan adem banget. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar