Senin, 23 Juli 2012

Ramadhan

Ramadhan keempat sejak saya resmi menyandang status sebagai mahasiswa. Bulan suci umat Islam yang selalu dinantikan oleh setiap muslim. Bulan penuh berkah, bulan penuh curahan nikmat dan rahmat Allah. Di tiga tahun terakhir, saya hampir tidak pernah menghabiskan bulan Ramadhan bersama keluarga. Alasannya tentu saja karena saya kuliah. Paling hanya satu minggu terakhir Ramadhan atau kurang saya bisa menikmati indahnya Ramadhan bersama keluarga.

Tiga tahun terakhir.

Ramadhan pertama sempat membuat saya sedih karena untuk pertama kalinya tidak menjalankan ibadah puasa bersama orang tua. Tidak pergi ke masjid untuk taraweh bersama mereka. Situasi kampus yang memang cenderung agamis namun tetap saja terkadang saya lupa kalau sedang bulan Ramadhan karena segudang aktivitas dan perkuliahan yang berjalan tanpa peduli dengan waktu puasa. Berbeda dengan saat sekolah yang biasanya masuk jadi lebih siang karena toleransi untuk yang sahur dan pulang pun lebih cepat. Di kuliah? Kita jalani seperti biasa. Toh, ini bukan kampus Islam, jadi wajar. Malah saya sedikit senang karena puasa jadi tidak lebih terasa sebenarnya. Apalagi kampus saya itu benar-benar Bhinneka Tunggal Ika. Haha. Yang membuat saya senang juga karena di kampus ini, para mahasiswanya bisa saling menghargai perbedaan, baik suku, bahasa, ras, agama, sampai hal kecil seperti berpendapat. Menyenangkan memang belajar dan tumbuh di kampus ini. Namun, tetap ada sayangnya karena di saat bulan Ramadhan, saya tidak lagi merasakan 'hawa' bulan suci ini.

Ramadhan kedua saya jalani dengan lebih 'legowo'. Sudah tahu situasi dan kondisi. Bedanya, kalau di tahun pertama saya masih tinggal di rumah kakak, jadi makan sahur terjamin, buka puasa juga terjaminlah, masih bisa masak sendiri di rumah *meski cuma telor, wong ga bisa masak*. Nah, di tahun kedua ini, saya sudah ngekos jadi harus cari makan sendiri. Untungnya, ada bibi kosan yang rajin bawain makanan untuk sahur sama ngebangunin kita. Walaupun terkadang saya ketiduran lagi setelah menerima makanan tersebut, seenggaknya saya sudah tidak perlu repot-repot cari makan keluar untuk sahur. Terkadang lagi, kalau saya lupa pesan makan untuk sahur ke bibi, yaa, ga sahur. Haha. Nasib anak kosan. Satu hal lagi nih, sebagai kaum hawa *eya, bahasanya* pasti ada saat dimana tidak boleh berpuasa. Biasanya, sepulang kuliah siang, saya ngansos ke Gelap Nyawang buat cari makan. Terkadang ikutan puasa juga seharian gara-gara ngerasa ga enak ngeliat yang lain puasa, tapi paginya tetep 'ngebatalin' dulu di kosan,

Ramadhan ketiga mungkin sudah terlalu biasa tanpa kehadiran orang tua ataupun sanak saudara. Jadi, saya jalankan sebaik mungkin. Bedanya, saya udah punya teman yang bisa diajak makan siang. Punya banyak teman beda agama yang bisa diajak makan bareng :). Di sini nih letak enaknya bisa saling menghargai. Terus jadi inget, saya punya satu teman nonis yang sempat heran dan bingung kenapa saya mau ikutan makan siang padahal lagi bulan puasa. Kontan aja, orang-orang yang ngerti langsung pada ketawa. Tapi, ya kali mau dijelasin dengan frontal alasannya. Haha. Di Ramadhan ketiga ini juga saya lagi banyak-banyaknya diterpa dengan kuliah yang cukup berat yang alhamdulillah sudah dilalui dengan selamat walaupun sempat berdahrah-darah. *lebay*

Tahun keempat.

Semoga menjadi tahun terakhir saya menyandang gelar mahasiswa S1. Amin. Di Ramadhan kali ini, yang telah memasuki hari keempat, saya merasakan puasa pertama bersama keluarga :D. Seharusnya saya kerja praktek, tapi jam kerja dan waktu ngantor yang sungguh fleksibel sangat menguntungkan. Hehe. Alhamdulillah bisa menikmati Ramadhan bersama keluarga, meskipun hanya dua setengah hari pertama. Insya Allah, selesainya saya kerja praktek minggu depan, saya bisa terus puasa bersama keluarga di kampung halaman :). Berhubung ini masih libur dari perkuliahan juga yang baru akan mulai setelah lebaran. Ada yang bakal bikin sedih sih kayaknya. Selama bulan puasa ini, ga ada temen buka bareng di Bandung. Temen kuliah lagi pada kerja praktek dimana-mana. Temen SMA, ya kaliiii -____-. Haha. Tapi jalani dengan enjoy aja. Yang penting kan puasanya. Hmm.

Semoga berkah yang ada di bulan suci Ramadhan ini 'nyangkut' ke tiap-tiap diri kita dan menjadi lebih baik setelahnya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar