Rabu, 26 Desember 2012

Progress = Stagnan

Galau cin(TA) buat anak tingkat 4 itu sangatlah wajar. Semester ini, saya mengambil mata kuliah Tugas Akhir 1. Mata kuliah 2 sks yang cukup lumayan membebani pikiran. Pertama, kita harus menentukan topik TA, kemudian mencari pembimbing. Mencari paper untuk dibaca, ya saya tekankan lagi, UNTUK DIBACA! walaupun kenyataannya banyak yang tidak saya baca. Haha.

Topik TA saya pun pada akhirnya adalah expert system a.k.a sistem pakar. Saya memilih expert system (frame based expert system lebih tepatnya) karena ketika membaca salah satu buku AI di perpus, ada kata-kata 'demon' disitu. Saat itu sudah deadline penyerahan topik yang mungkin dipilih juga, alhasil, saya  memutuskan untuk mengambil topik tersebut. Domainnya? Ah, nanti saja.

Langsung saya mengirim email ke dosen wali untuk berkonsultasi, tepat di hari terakhir PRS (Pergantian Rencana Studi), email saya baru dibalas dan saya langsung mendatangi dosen wali saya tersebut. Topik yang saya ambil berkaitan dengan mata kuliah Sistem Berbasis Pengetahuan. Mata kuliah  yang pada awalnya memang salah satu mk yang ingin saya ambil tapi entah mengapa tidak jadi. Oleh karenanya, saya disuruh mengambil mk tersebut, namun jadwalnya bentrok dengan BDNR (Basis Data Non Relasional). Alhasil, saya tetap memilih BDNR dibanding SBP.

Konsultasi pertama, saya masih bingung mau memilih domain apa untuk expert system-nya. Bingung. Pusing. Galau. Namun, harus segera diputuskan. Terpilihlah hal yang berkaitan dengan coklat sebagai domainnya. Alasan memilih coklat? Everyone who knows me must know that I really really love chocolate :)

Domain terpilih. Saya harus mencari seorang pakar di bidang tersebut. Jalan mencari pakar, alhamdulillah cukup dimudahkan. Oh iya, saya akhirnya memilih sistem pakar untuk opt tanaman kakao. OPT itu singkatan dari organisme pengganggu tanaman. Saya pun mencari kontak dosen universitas sebelah di fakultas pertanian. Dosennya baik dan sangat membantu. Dari beliau pun, saya dikenalkan dengan Ibu Kepala Penelitian Tanaman Kakao dari ICCRI Jember.

TA saya memang masih jauh dari kata beres. Hari ini saja, saya baru akan mulai mengerjakan bab 2. Bab 1 masih revisi juga sih -_-. Tanggal 22 Desember kemarin saya sempat pulang kampung membawa laptop, namun saya tidak bisa dan tidak mau mengerjakan TA dulu. Ingin istirahat sejenak karena sudah terlalu jenuh. Salah satu alasannya lagi adalah charger laptop saya tertinggal di sekre 2 dan saya tidak punya akses kunci sekre 2. Hahaha. Bodoh ya.

Nah, hari ini saya pun kembali ke Bandung. Berangkat dari Kota Udang tercinta yang super hoooot menuju Kota Kembang yang super maceeet dari pagi dan baru sampai sore. Hoft. Langsung menuju Warung Pasta karena sudah janjian akan mengerjakan tugas bersama Hapsari, Emil, dan Nunu di sana. Tubes selesai selepas Isya, berniat mengerjakan TA eh malah terdistraksi oleh hal lain dan blog ini juga :). But that's ok! I just need to work much harder! Much much much harder! Mohon doanya ya. Semoga semua urusan kita dilancarkan dan dimudahkan. Amin.

*iket kepala* *buka word* *NeA*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar