Rabu, 12 Februari 2014

Out of box?

I was just wondering why there is 'out of box' term.

Kalau saya artikan secara harfiah, out of box itu berarti berada di luar kotak. Dalam dunia nyata, sebuah sistem itu seringkali diibaratkan sebagai sebuah kotak. Dan berada di luar kotak akan berarti berada di luar sistem. Berusaha keluar dari sistem yang biasa mengikat kita memang sulit, tapi bayangkan ketika kita sudah berada di luar kotak tersebut.
Coba bayangkan kita sekarang berada di suatu kotak tertutup dan gelap. Terkadang, bagian atas kotak tersebut terbuka dan akan masuk seberkas cahaya melalui celah tersebut. Tentu saja, biasanya orang penasaran darimana cahaya tersebut berasal. Tapi, untuk keluar dari kotaknya saja sulit untuk dilakukan. Mengapa? Karena mungkin kita secara tidak sadar merasa takut untuk lepas dari sistem yang dianut oleh kebanyakan orang. Secara tidak sadar pula, kita sebenarnya takut untuk menjadi berbeda dari kebanyakan orang.
Dari situ mungkin hanya tersisa sedikit orang yang struggling untuk keluar dari kotak. Berada di luar kotak bisa berarti dua hal: menyeramkan atau menjadi outstanding. Menyeramkan karena kita tidak tahu apa yang ada di luar kotak karena kita belum pernah berada di sana. Terlebih lagi kita pun bisa tidak dianggap karena kita berbeda because we're no longer in the box. Pilihan lainnya adalah menjadi orang yang berani berdiri di luar sistem dan mencari asal cahaya tersebut. Semakin dekat kita dengan sumber cahaya, semakin kita pun akan ikut bersinar karena cahaya tersebut.
Keluar dari kotak erat kaitannya dengan keluar dari zona nyaman kita. Sulit tapi sekalinya dilakukan kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita hadapi di luar sana. Yah, sedikit pelajaran yang hari ini saya dapatkan: be brave to be different, to be out of box and extraordinary! Just be awesome in your own way!

Maaf kalau tulisannya sedang ngelantur :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar