Ga terasa, ternyata gue udah memasuki semester 5 lagi aja. Rasanya baru kemarin gue jadi anak kuliah, sidang terbuka di Sabuga, ikut ProKM 2009, diajarkan Salam Ganesha, dan banyak hal baru saat itu. Sekarang, gue bukan lagi anak kemarin sore yang baru jadi 'mahasiswa', gue udah tingkat 3. Tapi, apa aja yang udah gue perbuat 2 tahun ini? Apa aja yang udah gue dapat di bangku kuliah? Pembelajaran apa yang gue peroleh dari lingkungan kampus ini? Untuk 2 pertanyaan terakhir jawabannya BANYAK tapi gue masih butuh banyak ilmu, pengalaman, dan pembelajaran lainnya. Dan untuk menjawab pertanyaan pertama, mm, entahlah. Gue juga ga tau apa aja, apakah yang gue lakuin semua punya arti buat gue atau orang lain? If it's a yes, it could beI've done something.
Mau ngomongin soal kuliah aja deh sekarang. Hm, semester ini gue ngambil 22 sks lagi kayak semester kemarin. Gue ambil Sistem Operasi(OS), Jaringan Komputer(Jarkom), Sistem Informasi(SI) yang merupakan mata kuliah wajib, ditambah Strategi Algoritma(Stima), Sistem Basis Data(SBD), Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut(RPLL) yang merupakan mata kuliah pilihan wajib IF, dan satu mata kuliah non prodi yang gue ambil, yaitu Perilaku Organisasi.
Kalau tingkat 2 jam kuliah gue didominasi oleh kuliah siang *bahkan semester 4 kuliah paling pagi jam 1 siang kecuali praktikum*, nah, kali ini jadwal gue pagi semua. Udah kayak anak sekolahan lagi. Tadi hari pertama gue masuk, gue ada kelas dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang tanpa istirahat, terus lanjut lagi jam 4 sampai jam 5 sorenya. Kuliah hari pertama, yang ada dipikiran gue, "Ah, paling juga kenalan dulu sama dosennya, terus slide awal kalo langsung mulai juga baru pengantar doang biasanya". Berpikir begitu, biar agak rileks. Namun, kenyataan yang terjadi di kelas adalah satu mata kuliah langsung mengeluarkan tugas kecil atau biasa disingkat tucil, dan satu mata kuliah lain telah memberikan PR, dan gue udah ga paham lagi betapa sadisnya hidup ini *lebay*. Yaaahh, sebagai mahasiswa kita cuma bisa menerima wejangan dari dosen apapun itu bentuknya.
Huft, melihat kondisi perkuliahan yang ga bisa main-main lagi, kayaknya gue harus bener-bener bisa me-manage diri gue biar ga sakit-sakitan, waktu yang gue punya biar semuanya tidak ada yang terbengkalai, dan gue harus berusaha mati-matian semester ini. Hahaha.
Ya udah lah ya, toh kita ngejalaninnya rame-rame, bareng-bareng seangkatan. Yang lain juga begitu. Kakak-kakak tingkat juga dulu pernah mengalami hal yang sama dan mereka masih bisa survive, kenapa gue ga?! Ayo semangat! Buat semua kawan senasib sepenanggungan yang akan melewati semester 5 dan tingkat 3 ini dengan luar biasa! :) :) :)
Tampilkan postingan dengan label hidup gue. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label hidup gue. Tampilkan semua postingan
Selasa, 09 Agustus 2011
Senin, 08 Agustus 2011
Emptiness
It felt like I was all alone in this world when I've just arrived
Ya, semalam gw baru sampe Bandung lagi sekitar pukul 7 malam pada tanggal 7 Agustus dan 7 Ramadhan. Sudah satu minggu memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah. Alhamdulillah tanggal 1 kemarin, gw masih sempat pulang ke kampung halaman untuk menjalani ibadah di minggu pertama bersama keluarga :). Walaupun, pagi harinya gw masih harus datang perwalian dulu. It was for the first time in 3 years, at least, I could have much time -even only for a week- to be surrounded by my mom and dad while fasting.
Mungkin hal yang mau gw tulis sekarang pernah dirasakan oleh semua orang yang merantau. Sudah dua tahun gw hidup sebagai 'anak rantau'. Bandung-Cirebon dekat sih, tapi tetap saja bisa dibilang 'anak rantau', hehe. Sewajarnya anak rantau, pasti pernah merasakan rindu yang begitu luar biasa dengan orang rumah. Itu hal yang sangat lumrah. Terkadang di saat gw sendirian di dalam kamar kosan, *dan biasanya sambil nyetel lagu denganagak kenceng*, gw ingat orang tua. Apalagi kemarin siang, mama kayak ga tega gitu waktu gw balik lagi ke Bandung.
Semalam sesampainya di kosan, gw yang belum makan sama sekali *maghrib masih di jalan sih* ga ngerasa lapar. Padahal, selama satu minggu di rumah, begitu suara bedug terdengar dan adzan dikumandangkan, gw langsung makan dengan lahap. Kemarin siang, ketika kembali ke Bandung, gw juga dibawain lauk berupa ayam goreng untuk berbuka, cemilan lainnya, serta buah yang biasanya dengan lahap gw makan di rumah. Namun, itu hampir ga gw sentuh sampai kurang lebih pukul 9. Bisa jadi hal bodoh kalau gw ga makan dan nantinya malah jatuh sakit di bulan Ramadhan -____-, yaaa, gw makan juga deh! *bilang aje udah mulai berasa laper*
Setelah makan, gw memutuskan untuk membaca Al-Qur'an -yang sudah tidak rutin lagi gw lakukan sejak kuliah-. Waktu memasuki bulan Ramadhan gw punya 'cita-cita' untuk khatam Qur'an selama Ramadhan ini *bisa ga ya? hmmm*, tapi sampe sekarang baru beres 2 juz #eaaa. Gw ngaji dan ga tau kenapa saya meneteskan air mata. Entahlah, berasa kosong banget. Tapi, gw lanjutin ngaji dan lama kelamaan, gw semakin ngerasa tenang. Seolah rasa kosong yang tadi diisi oleh sesuatu. Dan itu membuat gw jauuuuh lebih tenang dan ngerasa nyaman. Alhamdulillah, saya masih dikasih berkah dari Al-Qur'an oleh Allah :)
Ya, semalam gw baru sampe Bandung lagi sekitar pukul 7 malam pada tanggal 7 Agustus dan 7 Ramadhan. Sudah satu minggu memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah. Alhamdulillah tanggal 1 kemarin, gw masih sempat pulang ke kampung halaman untuk menjalani ibadah di minggu pertama bersama keluarga :). Walaupun, pagi harinya gw masih harus datang perwalian dulu. It was for the first time in 3 years, at least, I could have much time -even only for a week- to be surrounded by my mom and dad while fasting.
Mungkin hal yang mau gw tulis sekarang pernah dirasakan oleh semua orang yang merantau. Sudah dua tahun gw hidup sebagai 'anak rantau'. Bandung-Cirebon dekat sih, tapi tetap saja bisa dibilang 'anak rantau', hehe. Sewajarnya anak rantau, pasti pernah merasakan rindu yang begitu luar biasa dengan orang rumah. Itu hal yang sangat lumrah. Terkadang di saat gw sendirian di dalam kamar kosan, *dan biasanya sambil nyetel lagu dengan
Semalam sesampainya di kosan, gw yang belum makan sama sekali *maghrib masih di jalan sih* ga ngerasa lapar. Padahal, selama satu minggu di rumah, begitu suara bedug terdengar dan adzan dikumandangkan, gw langsung makan dengan lahap. Kemarin siang, ketika kembali ke Bandung, gw juga dibawain lauk berupa ayam goreng untuk berbuka, cemilan lainnya, serta buah yang biasanya dengan lahap gw makan di rumah. Namun, itu hampir ga gw sentuh sampai kurang lebih pukul 9. Bisa jadi hal bodoh kalau gw ga makan dan nantinya malah jatuh sakit di bulan Ramadhan -____-, yaaa, gw makan juga deh! *bilang aje udah mulai berasa laper*
Setelah makan, gw memutuskan untuk membaca Al-Qur'an -yang sudah tidak rutin lagi gw lakukan sejak kuliah-. Waktu memasuki bulan Ramadhan gw punya 'cita-cita' untuk khatam Qur'an selama Ramadhan ini *bisa ga ya? hmmm*, tapi sampe sekarang baru beres 2 juz #eaaa. Gw ngaji dan ga tau kenapa saya meneteskan air mata. Entahlah, berasa kosong banget. Tapi, gw lanjutin ngaji dan lama kelamaan, gw semakin ngerasa tenang. Seolah rasa kosong yang tadi diisi oleh sesuatu. Dan itu membuat gw jauuuuh lebih tenang dan ngerasa nyaman. Alhamdulillah, saya masih dikasih berkah dari Al-Qur'an oleh Allah :)
Senin, 01 Agustus 2011
Pertemuan Unik (lagi)
Sabtu kemarin, setelah diadakan sebuah kegiatan yang disebut Biner (Bakti Informatika untuk Negeri) -yang merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat dari Himpunan Mahasiswa Informatika ITB-, gue, Hapsari, dan Arie mau makan siang nih ceritanya. Terus kita bertiga makan nih di McDonald simpang. Gue sama Hapsari nyampe duluan, yaaah, soalnya naek motor. Gue dibonceng Hapsari yang notabene merupakan ketua geng motor kerudung tengkorak *ehehe, yang ini becandaan yak*.
Lanjut nunggu Arie nih. Hapsari beli ice cream cone dulu deh, terus kita berdua naek ke lantai atas buat sekedar duduk-duduk. Niatnya pengen duduk di sofa gitu biar empuk, tapi penuh. Jadi duduk di kursi biasa deh. Luckily, beberapa detik kemudian -ga secepat itu juga sih :p-, Hapsari ngeliat ada yang beranjak dari sofa nan empuk tersebut. Jadi, gue sama Hapsari pindah ke sana sebelum tempat tersebut diambil orang lain :D
Duduk-duduk deh di situ sambil ngobrol-ngobrol. Beberapa menit kemudian Arie pun nongol. Udah gitu, pesen makanan deh. Udah dateng semua, just say Itadakimasu ---> ini bener ga yak tulisannya? :P
Lagi enak-enak ngobrol, tiba-tiba ada seorang bapak yang membawa 2 orang anak dan duduk di sebelah kita bertanya, "Kakak, kakak kuliah di mana?" Awalnya kita ga sadar, tapi bapak tersebut sedikit menepuk pundak gue. Baru deh, kita jawab, "Oh, di ITB, Pak" sambil senyam-senyum ga jelas :D
Nah, terus, dari sana berlanjut deh percakapan di antara kami berempat. "Jurusan apa?" "Informatika,
Pak" *ya, masih basa basi kos kitu lah biasa* "Tiga-tiganya satu jurusan?" "Iya, Pak. Informatika semua"
Bapak tersebut mulai deh keliatan seneng gitu buat ngobrol.
Bapak X(BX) : "Oh, saya juga dari ITB, dari teknik elektro".
Bertiga(BT) *atau salah satu dari kami bertiga* : "Ooooooo"
BX : "Kalian angkatan tahun berapa?"
BT : "2009, Pak"
BT : "Kalau Bapak alumni tahun berapa, Pak?"
BX : "Oh, saya tahun 90"
Wew, udah beda 20 tahun booooo XD
Dari percakapan simple tersebut keterusan deh bapak tersebut cerita tentang gimana dulu beliau kuliah, magang di lab dan kerja di LAPI ITB dengan gaji 100 ribu rupiah dimana ketika itu biaya kuliah satu semester hanya 21000 rupiah (jauh banget kalo dibandingin sama kita), sampai awal mula beliau bekerja di Unilever *ini sebut-sebut merk gapapa lah ya*, pengalaman-pengalaman beliau di dunia kerja dan sebagainya. Ia pun bercerita tentang bagaimana dan alasan beliau melanjutkan pendidikan di S2 pada bidang yang berbeda yakni akuntansi, membicarakan tentang softskill yang diperlukan di dunia kerja nantinya seperti keterampilan manajerial, dan banyak hal yang sedikit banyak kami bertiga bisa pelajari dari beliau *yah, biasa, seperti kata pepatah, ambil sisi baiknya, yang buruk jangan ditiru*.
Masih banyak yang sebenarnya pengen gue ceritain lagi tentang obrolan yang seperti sharing tersebut. Tapi udah malem, dan besok adalah pertama kali gue sahur *udah Ramadhan lagi nih, ga terasa ya :)* Namun, pesan moral yang ingin gue kasih di sini adalah siapapun orangnya, dimanapun tempatnya, kapanpun waktunya, kita akan selalu bisa mendapatkan sedikit banyak pembelajaran, bahkan dari percakapan dengan orang yang belum kita kenal sekali pun, it began with such small talks. Pelajaran yang jarang kita dapat dan hampir tidak mungkin kita dapat di bangku kuliah adalah dengan sharing seperti itu :)
*Maaf ya, ini penyusunan postingnya amburadul alias acak-acakan dan tidak tersusun dengan baik, maklum faktor udah ngantuk :D. Nanti kalau sempat saya 'revisi' deh :P
Lanjut nunggu Arie nih. Hapsari beli ice cream cone dulu deh, terus kita berdua naek ke lantai atas buat sekedar duduk-duduk. Niatnya pengen duduk di sofa gitu biar empuk, tapi penuh. Jadi duduk di kursi biasa deh. Luckily, beberapa detik kemudian -ga secepat itu juga sih :p-, Hapsari ngeliat ada yang beranjak dari sofa nan empuk tersebut. Jadi, gue sama Hapsari pindah ke sana sebelum tempat tersebut diambil orang lain :D
Duduk-duduk deh di situ sambil ngobrol-ngobrol. Beberapa menit kemudian Arie pun nongol. Udah gitu, pesen makanan deh. Udah dateng semua, just say Itadakimasu ---> ini bener ga yak tulisannya? :P
Lagi enak-enak ngobrol, tiba-tiba ada seorang bapak yang membawa 2 orang anak dan duduk di sebelah kita bertanya, "Kakak, kakak kuliah di mana?" Awalnya kita ga sadar, tapi bapak tersebut sedikit menepuk pundak gue. Baru deh, kita jawab, "Oh, di ITB, Pak" sambil senyam-senyum ga jelas :D
Nah, terus, dari sana berlanjut deh percakapan di antara kami berempat. "Jurusan apa?" "Informatika,
Pak" *ya, masih basa basi kos kitu lah biasa* "Tiga-tiganya satu jurusan?" "Iya, Pak. Informatika semua"
Bapak tersebut mulai deh keliatan seneng gitu buat ngobrol.
Bapak X(BX) : "Oh, saya juga dari ITB, dari teknik elektro".
Bertiga(BT) *atau salah satu dari kami bertiga* : "Ooooooo"
BX : "Kalian angkatan tahun berapa?"
BT : "2009, Pak"
BT : "Kalau Bapak alumni tahun berapa, Pak?"
BX : "Oh, saya tahun 90"
Wew, udah beda 20 tahun booooo XD
Dari percakapan simple tersebut keterusan deh bapak tersebut cerita tentang gimana dulu beliau kuliah, magang di lab dan kerja di LAPI ITB dengan gaji 100 ribu rupiah dimana ketika itu biaya kuliah satu semester hanya 21000 rupiah (jauh banget kalo dibandingin sama kita), sampai awal mula beliau bekerja di Unilever *ini sebut-sebut merk gapapa lah ya*, pengalaman-pengalaman beliau di dunia kerja dan sebagainya. Ia pun bercerita tentang bagaimana dan alasan beliau melanjutkan pendidikan di S2 pada bidang yang berbeda yakni akuntansi, membicarakan tentang softskill yang diperlukan di dunia kerja nantinya seperti keterampilan manajerial, dan banyak hal yang sedikit banyak kami bertiga bisa pelajari dari beliau *yah, biasa, seperti kata pepatah, ambil sisi baiknya, yang buruk jangan ditiru*.
Masih banyak yang sebenarnya pengen gue ceritain lagi tentang obrolan yang seperti sharing tersebut. Tapi udah malem, dan besok adalah pertama kali gue sahur *udah Ramadhan lagi nih, ga terasa ya :)* Namun, pesan moral yang ingin gue kasih di sini adalah siapapun orangnya, dimanapun tempatnya, kapanpun waktunya, kita akan selalu bisa mendapatkan sedikit banyak pembelajaran, bahkan dari percakapan dengan orang yang belum kita kenal sekali pun, it began with such small talks. Pelajaran yang jarang kita dapat dan hampir tidak mungkin kita dapat di bangku kuliah adalah dengan sharing seperti itu :)
*Maaf ya, ini penyusunan postingnya amburadul alias acak-acakan dan tidak tersusun dengan baik, maklum faktor udah ngantuk :D. Nanti kalau sempat saya 'revisi' deh :P
Minggu, 26 Juni 2011
Wasting A Day and Doing Nothing
Anj*r! Pertama buat yang baca postingan ini maaf kalo ada yang tersinggung atau apapun itu. Gue udah minta maaf dulu.
Entah kenapa gue jadi super bad mood banget! Seriously in my bad mood tonight -__-.
Seharian gue bener-bener buang-buang waktu di kampus just DID NOTHING. Garing kriuk kriuk seharian.
Ga worth buat apapun hari ini gw dateng ke kampus, toh gw ga bisa ngasih kontribusi apapun dengan kehadiran gue di sana. Istilahnya hari ini gw cuma sekedar absen duduk anteng di kelas. Ya, kalo kuliah lo ga dateng, lo bakal rugi karena lo ga dapet ilmu apapun dan lo rugi karena lo udah bayar kuliah. Sedangkan tadi, cuma sekedar absen dateng duduk anteng karena kalo ga dateng dengan alasan yang jelas lo harus ngerogoh kocek lu, duduk-duduk ga jelas, nongkrong di sekre, numpang makan siang. That's all. Kenapa sekelompok orang yang ga harus berkontribusi (dan memang tidak ada alokasi waktu untuk mereka berkontribusi) dibiarkan saja kalau tidak datang? They just dunno what I've missed today. Kalo gue ga dateng ke kampus dari jam 9 dan pulang jam setengah 8 malem which is almost 12 hours I stayed there and did nothing important at all, gue bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk hal yang lain. Bukannya gue ga mau dateng. Tapi memang tidak seharusnya datang dari pada cuma menuh-menuhin sekre ga jelas? Tidak adil memang kalo hanya sebagian orang yang dateng. Kalo dibilang satu angkatan kok mau enaknya sendiri, ga gitu juga maksud gue. Maksudnya daripada ada orang yang tugasnya ga jelas, kenapa ga dibiarin aja tuh orang ga dateng? Atau alasannya untuk kumpul-kumpul bareng angkatan untuk terakhir kalinya? Ga gitu juga caranya. Toh ga SATU ANGKATAN yang bener-bener dateng, lagipula orang-orang yang gue temui sebagian besar orang yang itu-itu saja.
Hari ini gue emang ga punya alasan yang jelas buat ga hadir. Hal yang memang mau gue lakukan memang bisa dipending, tapi kalo kayak gini, ini ngebuang waktu gue seharian penuh. Gue tadi masih mau nunggu sampe jam 7++ karena ada wacana untuk briefing apa keesokan harinya. Tiba-tiba, ga jadi? (Di sini gue bener-bener kesel) it's over 45 minutes since I prayed Maghrib and waited up. Dimana itu gue udah bisa sampai Kiara Condong kalo ngangkot pulang ke rumah -_____-.
Sebelum ga jadi itu, gue ngomong sama seorang MSDM, yang memang seharusnyamungkin bisa jadi tempat panitia lain ber'keluh kesah'. Gue cuma bilang, ke depannya mungkin peran divisi gue untuk acara per 'hari'nya ga memakan waktu sebanyak yang lain dihadapan peserta. Gue emang orang yang lebih milih, kalo kerjaan gue hari itu bisa gue ga datang ke kampus, yaaa mending gue ga dateng. Tapi kalo gue harus ke kampus, ya kerjaan gue harus jelas gue harus gimana dan ngapain. Ga nganggur gitu aja! Dan ga mesti nunggu berjam-jam and still got nothing to do (bahkan sampai pulang). Terus gue bilang, kalo nunggunya lama emang ga boleh pulang dulu atau kemana kek? And the answer is a NO. Gila kali? Kalo 1-2 jam doang nyante, wajib briefing terpusat that's ok. Kalo sampe 3-4 jam ga jelas dan cuma lantang-luntung? Anjir gw males. Dan untuk beberapa sesi tertentu gw kira ga seharusnya divisi gw ada di situ kecuali dengan sikon tertentu. Apalagi divisi gue di hari-hari awal yang biasanya atau hampir pasti masih belum ada tugas yang signifikan buat dikerjakan di luar waktu kami bertemu peserta. Makanya gue juga bilang ke MSDM, kenapa ntar ga dialokasiin buat tugas yang lain daripada ga jelas gitu? Yang gue maksud juga cuma sekedar membantu BUKAN sepenuhnya berada di divisi lain itu. Apalagi kalo ujung-ujungnya malah ngerepotin dan ngebebanin. Gilaaaa, gue juga pemalas. Tapi gue udah datang ke kampus, niat buat ngebantu dan malah gabut? Mending gue gabut di rumah atau di kosan (kalo ga ada konsekuensi karena ketidakhadiran)!!!!
*just ignore it, i was in a really bad mood when I wrote this
Entah kenapa gue jadi super bad mood banget! Seriously in my bad mood tonight -__-.
Seharian gue bener-bener buang-buang waktu di kampus just DID NOTHING. Garing kriuk kriuk seharian.
Ga worth buat apapun hari ini gw dateng ke kampus, toh gw ga bisa ngasih kontribusi apapun dengan kehadiran gue di sana. Istilahnya hari ini gw cuma sekedar absen duduk anteng di kelas. Ya, kalo kuliah lo ga dateng, lo bakal rugi karena lo ga dapet ilmu apapun dan lo rugi karena lo udah bayar kuliah. Sedangkan tadi, cuma sekedar absen dateng duduk anteng karena kalo ga dateng dengan alasan yang jelas lo harus ngerogoh kocek lu, duduk-duduk ga jelas, nongkrong di sekre, numpang makan siang. That's all. Kenapa sekelompok orang yang ga harus berkontribusi (dan memang tidak ada alokasi waktu untuk mereka berkontribusi) dibiarkan saja kalau tidak datang? They just dunno what I've missed today. Kalo gue ga dateng ke kampus dari jam 9 dan pulang jam setengah 8 malem which is almost 12 hours I stayed there and did nothing important at all, gue bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk hal yang lain. Bukannya gue ga mau dateng. Tapi memang tidak seharusnya datang dari pada cuma menuh-menuhin sekre ga jelas? Tidak adil memang kalo hanya sebagian orang yang dateng. Kalo dibilang satu angkatan kok mau enaknya sendiri, ga gitu juga maksud gue. Maksudnya daripada ada orang yang tugasnya ga jelas, kenapa ga dibiarin aja tuh orang ga dateng? Atau alasannya untuk kumpul-kumpul bareng angkatan untuk terakhir kalinya? Ga gitu juga caranya. Toh ga SATU ANGKATAN yang bener-bener dateng, lagipula orang-orang yang gue temui sebagian besar orang yang itu-itu saja.
Hari ini gue emang ga punya alasan yang jelas buat ga hadir. Hal yang memang mau gue lakukan memang bisa dipending, tapi kalo kayak gini, ini ngebuang waktu gue seharian penuh. Gue tadi masih mau nunggu sampe jam 7++ karena ada wacana untuk briefing apa keesokan harinya. Tiba-tiba, ga jadi? (Di sini gue bener-bener kesel) it's over 45 minutes since I prayed Maghrib and waited up. Dimana itu gue udah bisa sampai Kiara Condong kalo ngangkot pulang ke rumah -_____-.
Sebelum ga jadi itu, gue ngomong sama seorang MSDM, yang memang seharusnya
*just ignore it, i was in a really bad mood when I wrote this
Kamis, 16 Juni 2011
Smile and Laugh
looking back to the past
years ago, while we were still wearing white and gray,
lived our life like there's nothing to be afraid of cuz we were very young, together we were there, in our school, studied, played card, sang lots of songs, skipped classes, the canteen, flag ceremony with very long speech ofyouknowwho, cheating, played some sports (it's almost everyday after school in our last semester before national exam, yes, futsal), slept in Mesjid, looking at the night sky in the middle of the court, ekskul with fm81 and civetta, every single thing we've done, we smiled and laughed together, and the last moment I'll never forget, the graduation day when the time came for us to move on. It's crystal clear I still remember those moments :)
2 years ago I graduated from senior high
5 years ago I graduated from junior high
8 years ago I graduated from elementary school
yeah, life goes on, I'm here now writing this in my blog, and I don't even know where are the others, what do they do?
I miss those moments but I never want to get back to those times. Those great times will be enough to be in my memory and be my greatest experience.
-- sesaat setelah liat photo memory di jejaring sosial dan membereskan buku-buku di saat aku masih sekolah, menemukan sebuah diary kecil saat SD, and I just smiled remembering all stuffs :)
years ago, while we were still wearing white and gray,
lived our life like there's nothing to be afraid of cuz we were very young, together we were there, in our school, studied, played card, sang lots of songs, skipped classes, the canteen, flag ceremony with very long speech of
2 years ago I graduated from senior high
5 years ago I graduated from junior high
8 years ago I graduated from elementary school
yeah, life goes on, I'm here now writing this in my blog, and I don't even know where are the others, what do they do?
I miss those moments but I never want to get back to those times. Those great times will be enough to be in my memory and be my greatest experience.
-- sesaat setelah liat photo memory di jejaring sosial dan membereskan buku-buku di saat aku masih sekolah, menemukan sebuah diary kecil saat SD, and I just smiled remembering all stuffs :)
Kamis, 24 Februari 2011
Seandainya
Seandainya kemarin gw ga mutusin buat basket, mungkin kaki kanan gw ga akan bengkak kayak gini dan gw juga ga mungkin ga dapet kelompok tubes kayak gini!
Seandainya gw ga peduli sama orang-orang yang nyuruh gw ke lapangan, seandainya gw ga peduli sama orang yang ga tidur dan tetep disuruh tanding. Toh, begitu gw masuk lapangan sebentar dan cedera juga di bangku penonton dan dari massa himpunan gw sendiri malah ada yang bilang, “Mainnya ga ikhlas sih!” Gw ga mau nengok ke belakang, lebih baik gw ga tau siapa orangnya.
Gw cuma berharap seandainya gw ngambil keputusan lain kemarin!
Selasa, 22 Februari 2011
Happy Birthday My Mom :)
Happy Birthday, Mama :) The only thing I wanna say to you is I LOVE YOU and I WILL ALWAYS DO!
I know I sometimes didn't listen to what you've said. I'm not such obedient daughter to you. Sometimes, I broke the rules you've made. But deep in my heart, I always love you. May be I've made you angry or cry, I really am sorry for every single thing I've done. I just wish to make you proud, to make you smile, and to make you laugh. I will always need your hug cuz I always miss you. I rarely understand you, but you always understand me even if I tell you nothing. I always need your support to live this life, and I know you gave all your best for me. But I can't do the same for you even if I try hard, I can't reach the same level as you. Allah always loves you, Mom, and I do, too.
Found this letter in Google, and it describes all Moms.
Senin, 21 Februari 2011
ARKAVIDIA 2.0
Arkavidia merupakan sebuah acara berbasis IT yang diselenggarakan oleh HMIF ITB. Tema yang diangkat kali ini adalah IT for Daily Life. Arkavidia 2.0 ini dilaksanakan 2 hari pada tanggal 19-20 Februari 2011. Cukup beragam acaranya, ada seminar yang diselenggarakan 3x mulai dari pre event bulan November, Januari, dan di hari-H, ada Career Day yang mendatangkan perusahaan-perusahaan yang berkecimpung di dunia IT, yang ga kalah seru ada Expo yang menampillkan karya-karya yang dibuat oleh mahasiswa (bahkan hasil tugas besar saat kuliah pun ada juga yang dipamerkan), di tempat yang sama dengan Expo diselenggarakan juga Gerakan Seribu Jari yang merupakan bentuk pengabdian masyarakat yakni dengan mengetikkan buku-buku menjadi softcopy kembali yang nantinya akan dicetak ke dalam huruf Braille sehingga bisa dimanfaatkan oleh saudara kita yang tuna netra. Oh iya, masih ada workshop dan lomba, serta stand makanannya (makanannya enak-enak, ada Magnum, Piramizza, Kebab, Cane, Zupa-zupa, Wendy's, baso tahu, gado-gado, mendoan, pokoknya banyak deh). Yang ga kalah penting dan seru ada panggungnya juga loh! Hohoho. Di hari pertama, panggung tersebut diisi oleh band-band lokal (band himpunan kayak Birawa dari HMIF sendiri). Nah, di hari kedua kemarin sore (Sunday Afternoon), Arkavidia 2.0 menghadirkan MOCCA di closing acaranya. WoW! MOCCA! Kyaaa kyaaa! #mulailabil
Ok, itu tadi acara Arkavidia 2.0 secara keseluruhan. Sekarang saya mau cerita tentang gimana serunya jadi panitia Arkav ini.
#DAY 1
I thought it was the freakiest day in my life. Hari pertama masih nyambung sama persiapan hari pertamanya kan? Kalo gitu, saya cerita dari H-1nya. Hehe. Sebenernya buat anak-anak dekor dan lainnya yang harus menyiapkan suatu hiasan-hiasan udah mulai kerja dari beberapa hari sebelumnya (atau bahkan 1-2minggu sebelumnya). Saya yang kebagian tugas di seminar entah kenapa rasanya sangat menggabut karena cuma rapat divisi dan kerja di hari-H seminar. Malahan waktu hari Rabu ada rapat divisi, saya ga ikut gara-gara ga tau ada rapat dan alasan ketidaktahuan saya adalah gara-gara udah ga nyalain hape 3 hari (padahal harusnya 1 minggu dari acara besar kayak gini hape standby terus, haha). Tapi malemnya pas rapat akbar saya dateng kok (walaupun agak dipaksa sama Rido dan berujung berinternet ria di Labdas III samping sekre tempat rapat, he). Ok. Next, malem tanggal 18 abis maghrib, kita briefing panitia keseluruhan di Aula Barat. Hari Jum'at, gw kuliah cuma nyampe jam4. Karena nunggu maghrib, jadi gw karaokean dulu deh sama anak-anak KGMC(Keluarga Ganesha Mahasiswa Cirebon), fufufu.
Rapat pun beres. Terus gw bantuin dekor tanaman di Aula Timur, di sela-sela bantuin itu, gw sempet nonton Adithya Sofyan dulu yang manggung di closing IUGC. (nyanyi-nyanyi Adelaide Sky xp). Terus beres di AlTim, gw ke sekre 2. eh ditangganya penuh sama yang lagi dekor. Ketemu Dibi, Aghes, Daniel yang lagi nempel-nempelin CD LILO yang segitu banyaknya. Eh, kita malah berujung ke McD buat makan dengan tambahan personil, Redi, dan minus Daniel. Gw balik dan nyampe kosan jam setengah 1 dini hari dianterin Dibi. Kita berempat kedinginan lah, dan ga ada yang bawa jaket. Haha. Alhasil sampai sekarang hidung gw masih ga berhenti crat crot crat crot.
Paginya, seharusnya kami briefing panitia lagi jam 5.30, tapi karena baru tidur jam 2an(harus install Office dulu buat dipake paginya) dan karena sudah 1 bulan kuliah siang dan kebiasaan habis Subuh tidur lagi, gw baru bangun jam 5.20. Mandi dan siap-siap, nyampe kampus baru jam6. He. Ga jadi briefing deh karena yang lain juga banyak yang telat. Terus gw, Chita, Karin sarapan dulu. Tiba-tiba gw dapet sms dari ka Dhea yang bilang LO jangan pake kaos, ya, abis sarapan, ketemu ka Lala, ngambil kemeja deh.
Harusnya, saya jadi LO untuk 2 pembicara, tapi karena pembicara pagi langsung dipegang sama Maul jadi gw gabut paginya. Cuma bantu-bantu di registrasi aja. Siangnya saya jadi LO buat Pak Armein yang menjadi pembicara di sesi II. Untuk tiap gw nge-LOin orang, beliau asyik-asyik. Di seminar sebelumnya, saya menjadi LO Pak Budi Rahardjo. Hehe. Terima kasih untuk Pak Budi dan Pak Armein. :)
Kerjaan beres! Dan seminar pun terbilang cukup sukses, walaupun ada 'saingan' dari Grand Seminar IEC yang di Sabuga. Lega rasanya. Eval jam6 sore. Oh iya, pas eval gw dikasih tau ka Desfri, dia kehilangan handycam :(. Jadi, buat siapa aja yang nemuin, tolong balikin lagi ke ka Desfri. Semoga ketemu deh, ka! ^^
Abis eval, baru deh jadi the frekiest moment ever. Tadinya gw mau minta dilatih DDR sama sang maestro Dibi dan Aghes. Tiba-tiba Emil yang mau ke BEC ikut nongol. Eh, Aghes malah rapat dulu, begitu nongol malah ngajakin kita bareng Dannis buat nyebar flyer Career Day. Turun di Balubur dulu, gw sama Aghes nyebarin flyer sampe Gelap Nyawang, Emil sama Dibi. Dari Balubur ke BEC asyik banget apa, nyebarin flyer dibuang-buang lewat jendela mobil. It's really addictive and super fun! Hahaha.
Nyampe BEC, gw pas turun dari mobil Dannis ngejatuhin satu ayam KFC bucket punya Dannis *duh, maap*. Lalu, gw sama Dibi kebagian nyebarin flyer di depan BEC, bingung targetnya yang mana. Ya udah kita cuma bagi ke beberapa orang aja, masuk ke dalam, gw taruh lumayan banyak flyer di stand IM2 yang kosong. Haha. Satu hal gila lagi yang gw lakuin di BEC: masuk ATM Center, terus naruh flyer di tiap mesin ATM. hohoho.
Dari BEC, kita langsung ke BIP. Sepanjang jalan ke BIP, Aghes naruh flyer di tiap tempat sampah. Parahnya, tujuan kita kan ke Timezone, kita lewat lift barang. Eh, si Aghes naruh flyer banyak banget di lantai lift, padahal ada CCTV. Hm, lucunya, lift kebuka dan yang masuk mas-mas cleaning service yang langsung ngambil flyer itu. Dengan lagak sok innocent di dalem lift kita diem semua. Si Aghes pura-pura ngajak ngobrol Dibi, "Dib, tas Lo kok berat banget sih?" *kayaknya dia sambil nyembunyiin flyer yang masih dia pegang, rofl*
Di Timezone Dibi sama Aghes freak banget main Piu -____________________________-". Gw yang udah kecapekan ga jadi ikutan. Cuma nonton tapi ngeliat mereka gw jadi ikutan capek. Kita di Timezone sampai udah ditutup dong! Aaaaaaaaaaa. Gila banget lah mereka.
#DAY 2
Kalo hari kedua, gw super gabut. Gw ga dateng pagi lagi gara-gara pusing pilek dan crat crot keluar terus dari hidung. Jam setengah tujuh bangun, dan gw mandi. Jam 7 udah mau berangkat. Eh, dompet gw ilang di kamar sendiri (kamar gw udah lebih parah dari kapal pecah). Jadi, gw nyari dompet dulu, sampai membuat kamar terlihat sedikit lebih rapi. Haha. Baru deh, ketemu tuh dompet xp. *kalo ketauan mama, gw bisa abis*
Sampai kampus langsung ke Lapanga Cinta dan naruh laptop. Numpang main internet sebentar sampai jam9. Ketemu Gita. Haha. Jajan di stand makanan. Ke Career Day, ikutan GSJ juga. Mantap lah! Gw ikut bantuin Emil bawain makanan buat Juri di lomba *ga penting sih, at least ga full gabut, haha*
Sore yang dinanti-nanti. CLOSING. Infinity nongol, beberapa band dari APRES juga nongol. Pembagian hadiah lomba, doorprize, dan semuanya. MCnya kocak banget! Hahahaha.. Ada Ganyu (Gajah Unyu) juga di Arkavidia 2.0. Itu maskot kita. Ntar gw upload fotonya.
Beres semuanya. Closing ditutup dengan Mocca. Lagunya asyik-asyik. Jadi inget, waktu SMA kelas 1 gw mulai suka banget sama Mocca gara-gara temen sebangku gw, Ichi, suka banget Mocca. Waktu di kosan lama juga, gw hampir tiap malam sendiri di temenin laptop yang mengalunkan lagu-lagu Mocca. Thanks you've made such great songs :)
Love Mocca!
Selasa, 25 Januari 2011
Awal Semester Empat
Kuliah perdana yang seharusnya dilaksanakan pukul 7 pagi di ruang 9008 dengan mata kuliah Kesehatan Lingkungan ternyata ga ada doseeeen! Ruangan dipindahin lagi. Gue telat 10 menit. Terus gue sms Amel yang gue tau dia ngambil KesLing juga. Eh, tiba-tiba dia bilang 9008 kosong. Terus mau nyoba ke 9213 ruang K2. Eh, Amel sms katanya dipindahin ke rsg. Gue nelpon Amel deh, soalnya gue ga tau tuh ruangan ada di sebelah mana dan di gedung apa. Begitu ketemu Amel, ternyata dia juga kaga tau rsg itu di mana. Akhirnya gue nelpon Alfian yang pasti tau itu ada di mana. Dengan perasaan khawatir Alfian ga mungkin ngangkat telpon gara-gara udah ada dosen. Ternyata begitu Alfian ngangkat telpon, terdengar suara berisik dan ramai. Fiyyyyuuuh! Artinya dosen belum ada. Gue tanya lah si ruangan yang disebut rsg itu di mana. Dia bilang di plano lantai 6. Busyyyet?! Berharap ada lift dan emang ada sih, hehe:D
Gue sama Amel langsung buru-buru mencet tombol lift. Nunggu lift lama banget, begitu pintu lift terbuka langsung deh kita berdua masuk. Mau mencet lantai 6......... "Mel, mana angka 6nya ya?" tanya gue. "Loh, iya! Udah pencet 5 aja, siapa tau ada tangga lagi." Okelah, dipencet tuh angka 5, terus begitu keluar ada Sule. Jalan ke kiri dikit ada tangga deh. Akhirnya ketemu sama anak-anak IF yang lain. Semua yang ngambil KesLing masih ada di depan rsg. Ternyata kata Alfian rsg itu ruang serba guna. Haduh, maaf deh, gue norak :P
Udah hampir jam setengah delapan, kita baru boleh masuk ruangan. Nunggu lagi sampe jam 8an, hmm, masih ga ada dosen. Satu per satu mulai ninggalin ruangan karena sepertinya memang ga akan ada dosen. Sampai akhirnya, anak-anak HMIF pun keluar ruangan tersebut. Kuliah perdana pun dimulai dengan ketidakhadiran dosen. Hal yang sangat klise dan biasa.
Jam 8 ada pertandingan voli di ajang olimpiade KM ITB IV antara HMIF vs Penerbangan (maap, lupa nama himpunannya PN itu KMPN atau HMPN? Hehe. Sebut saja PN). Akhirnya kabur dari KesLing, kita dukung voli HMIF deh. Eh, tapi kalah. Hm. Ga pa pa. Yang penting udah berusaha dan memberikan yang terbaik *kumat deh sok bijaknya*
Beres voli gue langsung cabut ke kosan. Soalnya kuliah mulai lagi juga jam 2. Sebelum ke kosan, gue ke kantin Salman dulu. Sarapan. Tadi pagi ga sempat sarapan di rumah. Nah, sesampainya di kosan, gue langsung beres-beres kamar. Kacau nih kamar udah ditinggal liburan. Gue nyuci baju juga yang udah seminggu gue taruh di kosan. Hhhh. Repooot. Tapi kewajiban sebagai empunya kamar. Haha.
Onlen-onlen lagi deh. Terus jam 2 ngampus lagi, dilanjutin sama kuliah Orkom yang didongengin sama OOP sang mata kuliah dewa semester ini. Gue sekarang cuma berharap, semoga gue bisa mengikuti sisa semester ini yang masih panjang dengan baik. Berharap nilai gue A semua, walaupun itu sepertinya hanya mukjizat. Semoga gue bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Amin. Ingetin gue ya, buat berusaha lebih keras dan semaksimal mungkin ya semester ini XD
Tumpukan Kertas dan Daun-Daun Kering
Ayiih, hari ini udah kuliah lagi aja, perasaan liburan gue ga pernah berasa. Aaargh! Jadi inget liburan-liburan sebelumnya. Libur semesteran yang pertama, gue harus bolak-balik Bandung-Cirebon berkali-kali karena baik di Bandung maupun di Cirebon, gue lagi ada kegiatan saat itu. Liburan kenaikan tingkat, hmm, diisi dengan kegiatan yang 'bermanfaat' sih dan memang ga bikin capek. Ya, gue ikut osjur sama diklat oskm.
Yang mulai duluan tuh diklat terpusat oskm. Ini merupakan serangkaian diklat yang diberikan untuk calon panitia penerimaan mahasiswa baru 2010. Di sana kita bener-bener dapat pengalaman yang seru. Kita bisa kenalan sama anak-anak dari jurusan lain yang notabene mungkin jarang berinteraksi dengan kita kalo lagi hari kuliah. Selang 2 minggu dari diklat terpusat oskm, osjur pun dimulai. Ya, osjur! Loh, kok baru tingkat 2 osjurnya? Jawabannya gampang, karena tingkat 1 atau biasa di sebut masa TPB *aslinya sih Tahap Persiapan Bersama, tapi biasa disebut Tahap Paling Bahagia*, kita masih ada di fakultas/sekolah dan belum dijurusin *silat kali? pake jurus, XD*
Hampir bersamaan dengan dimulainya Sparta *sebutan osjur di program studi gue*, dimulai juga diklat divisi oskm. Ada 3 divisi lapangan di oskm, yang pertama keamanan, medis, dan tata tertib kelompok alias taplok. Gue ikut diklat taplok. Hmhm. Jadi inget tugas yang super banyak waktu itu. Yang harusnya gue liburan 2 bulan, gue jadi hampir berasa ga liburan. Huhu :(
Tapi, ga nyesel sih. Life is a choice kalo kata orang mah. Hidup adalah pilihan, dan gue milih buat mengisi liburan dengan beragam kegiatan kampus *haha, sok banget lah gue*. Ya, dari diklat oskm, sparta, dan PLO sebelumnya *ospek fakultas*, gue dapet pengalaman segudang. Dari mulai temen baru, kenalan baru, lebih kenal tentang kampus gue, mungkin juga keterampilan baru. Waktu diklat maupun ospek, kita dituntut untuk kreatif, tidak jarang kita disuruh membuat suatu karya dari bahan yang biasanya udah tidak kita gunakan lagi. Contohnya, kita disuruh untuk membuat buku kelompok yang tiap lembarnya berasal dari kertas reuse. Waktu nyari kertas itu berasa kertas-kertas yang udah hampir ga guna, dan mungkin kita buang kalo lagi beres-beres kamar jadi punya nilai guna lagi. Hmhm, dan yang penting mengurangi tumpukan kertas tidak terpakai di kamar gue. Hehehe.
Pernah juga kita disuruh membuat suatu karya dari daun kering, yang kita kumpulkan sendiri. Boleh kita cari di sekitar kampus *kebetulan kampus gue banyak banget pohonnya* atau kita cari di deket rumah dan kosan. Kalo gue sama temen-temen waktu itu nyari di taman depan kampus. Daun kering yang biasa disapu sama petugas kebersihan terus mungkin dibakar, bias kita manfaatkan buat jadi suatu karya. Sayangnya gue ga mendokumentasikan hasil yang kelompok gue buat. Dari daun kering yang kemudian ditransformasi menjadi sebuah karya, ternyata ini bisa dijadikan bisnis juga. Gue nemu cerita tentang pemanfaatan daun kering ini waktu lagi googling gambar daun kering. Di Surabaya, seorang ibu bernama Nanik Heri, pemilik bengkel Kriya Daun hanya memulai usahanya dengan modal Rp 100.000,00 dari uang pensiunan suaminya dan daun kering, sekarang omzet usahanya sudah mencapai Rp 50 juta per bulan dengan kapasitas produksi 3.000 item per bulan. Wow. Kalo mau baca cerita lengkapnya klik aja di liputan 6.Nah, manfaat dari daun kering bisa juga dijadikan kompos. Kalau mau tau cara pembuatan kompos gue kasih dari tulisan Riyanto ini. Gue copas nih, biar ga ada unsur yang dihilangkan atau dilebihkan *alesan, bilang aja males ngetik lagi, hehe*
"Kompos merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi pembuangan sampah dan juga bermanfaat bagi tanaman. KSU Pointer mulai membuat kompos dari sampah organik berupa sisa makanan dan buah-buahan serta daun kering.
Manfaat kompos
1. Memperbaiki struktur tanah
3. Menambah daya ikat air
4. Memperbaiki udara dalam tanah
5. Menyuburkan tanah
Tempat pengomposan
Ada banyak tempat untuk pengomposan, seperti menggali lubang dalam tanah, memakai bak, drum plastik tetapi jangan sampai terkena air hujan. Jika berupa drum plastik atau tempat yang lainnya pada bagian bawah harus diberi lubang sebanyak lima buah.
Tips Membuat Kompos
Memisahkan sampah organik dan nonorganik, sampah organik bisa berupa sampah dapur atau daun-daun kering dan sampah nonorganik berupa plastik, karet, besi, dan lain-lain.
Setelah memisahkan sampah, sampah organik dicacah atau dipotong kecil-kecil supaya mempermudah proses pengomposan.
Pencampuran
Setelah sampah dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan serbuk gergaji dan larutan mikroba berupa EM4 atau MOL tapai (tape singkong). MOL tapai adalah campuran gula+tapai yang didiamkan selama satu minggu. Setelah pencampuran, masukkan ke dalam tong selama lima minggu.
Pematangan
Sampah diaduk seminggu sekali selama lima minggu.
Ciri-ciri kompos
1. Tidak berbau busuk
2. Warnanya coklat kehitaman
Pengayakan
Kompos yang sudah jadi diayak supaya mendapat hasil yang baik."
Sepertinya ga terlalu sulit. Silakan dicoba. Nanti gue minta komposnya!
Lihatkan, banyak banget manfaat dari tumpukan kertas maupun daun kering. terima kasih diklat oskm dan sparta yang mengajarkan saya untuk lebih kreatif dan memanfaatkan hal kecil sekalipun. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang mungkin tidak terpakai lagi, bisa kita jadikan karya yang lebih bermanfaat. Lihat barang-barang tersebut dari sudut pandang lain, jangan hanya dianggap sebagai sampah. Okeh?!
Senin, 24 Januari 2011
"Hikmah, Itu Sampah..."
Beberapa hari yang lalu, waktu gue nonton tipi, gue sempet liat berita tentang pembangunan jalan layang di Jakarta. Pembangunan memang hal yang bagus, tapi kalau dengan mengorbankan banyak pohon? *ini retoris*. Jalanan yang dipenuhi pohon besar sangat rindang dan sejuk. Kalau terus-terusan ditebangin sampai pohon habis, bukan hanya kesejukkan yang direnggut tapi juga daerah resapan air akan berkurang. Topiknya bakal lanjut ke masalah lingkungan nih. Gue mau sedikit cerita tentang sebuah kejadian yang sangat kecil dan mungkin tidak begitu penting. Ini mungkin hanya sekedar kisah waktu gue masih duduk di bangku kelas 2 SMA. Namun, efeknya masih membekas hingga sekarang dalam hidup gue dan temen gue.
Gue dan Hikmah, temen baik gue, sempat diberi kepercayaan untuk menjadi manajer Civetta Footbal Club. Civetta merupakan ekstrakurikuler bagi para pecinta sepak bola dan futsal di sekolah kami. Hikmah yang saat itu ngajak gue gabung sama Civetta. Gue sama Hikmah memang sama-sama pecinta bola. Latihan rutin diadakan setiap hari Rabu dan Jum'at. Nah, suatu ketika datang beberapa alumni yang mampir untuk mengunjungi dan melihat adik-adiknya latihan *biasanya sih mereka ikut main juga*. Biasanya yang sering datang ke sekolah adalah mahasiswa-mahasiswa dari kampus dimana saya berkuliah sekarang. Saat itu sekitar tahun 2007 atau 2008. Civetta sendiri baru resmi berdiri tahun 2004. Jadi alumni yang saya temui adalah angkatan pertama. Mereka angkatan 2005 dan 2006. Tua ya? -padahal cuma beda 3-4 tahun dari gue, hehe-. Biasanya alumni yang paling sering datang adalah Mas Bacar, Mas Burhan, Mas Oca, sama Mas Fajar. Khusus Mas Fajar, dia saat itu adalah pelatih Civetta, jadi wajar dia paling sering dateng. Dia juga angkatan paling tua, angkatan 2004 *peace, Mas!*
Kalau tidak salah waktu itu hari Jum'at. Jum'at sore pukul 3 sampai selesai adalah waktu latihan kami. Gue sama Hikmah kelaperan waktu nungguin anak-anak latihan. Lalu, kita berdua ke depan sekolah buat cari makanan. Jajanan depan sekolah kan biasanya dibungkus pakai plastik, baik makanan maupun minumannya, jadi kami bisa langsung kembali ke pinggir lapangan sambil membawa jajanan yang baru kami beli. Di sana, kami ngobrol-ngobrol dan bercanda dengan para alumni sambil latihan. Nah, gue sama Hikmah waktu itu ngobrol sama Mas Burhan. Hikmah yang makanannya sudah habis tiba-tiba menjatuhkan plastiknya begitu saja. Tiba-tiba Mas Burhan manggil dia, "Hikmah." Si Hikmah masih ngejawab dengan polos, "Iya, Mas?". Dengan masih tenang dan nada yang biasa aja Mas Burhan cuma bilang, "Itu Sampah..."
| "Haduh, jangan geletakin kita sembarangan dong, Bang!" |
Mas Burhan mengucapkannya dengan tenang, tapi Hikmah langsung shock dan gue juga yang berdiri di samping Hikmah langsung diam sambil melihat bungkusan plastik yang masih gue pegang. Dengan spontan, Hikmah ngambil bungkusan makanan yang tadi dia buang. Lalu, dia buang ke tempat sampah. melihat kami berdua terbengong-bengong karena kaget diperingatkan seperti itu, Mas Burhan mulai mengajak kami ngobrol kembali. Ternyata setelah melewati percakapan antara kami bertiga, diketahui bahwa Mas Burhan saat itu merupakan ketua U-Green. Sebuah unit kegiatan mahasiswa pecinta lingkungan. Yang gue tahu sebelum ini Mas Burhan merupakan mahasiswa di Teknik Kelautan yang memang di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan --ada lingkungan-lingkungan nya juga, hm hm-- Memang tidak dibatasi siapa saja yang mau terjun menjadi pecinta lingkungan kan? Bahkan sangat dianjurkan setiap orang yang ada di dunia sekarang mencintai lingkungannya supaya mereka bisa kembali melihat hijaunya hutan, jernihnya air, dan sejuknya udara yang sudah hampir tidak bisa dirasakan di perkotaan saat ini. Bumi kian gersang. Siapa lagi yang berkewajiban menjaganya, jika bukan kita?
Kejadian tadi memang sangat sepele. Tapi, entah kenapa, gue sama Hikmah selalu ingat kejadian tersebut. Sejak itu, saya sama Hikmah benar-benar berhati-hati untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal kecil bukan? Tapi, pada awalnya itu cukup sulit untuk dilakukan. Namun, sekarang gue juga udah hampir bisa tidak melakukan "membuang sampah dimanapun". Biasanya gue kalo abis makan cemilan/snack atau minum dan tidak menemukan tempat sampah, jika itu sampah kering, gue masukin dulu ke kantong atau ke dalam tas *bagian dari tas yang isinya kosong loh, gue ga sejorok itu sampai nyampah di tas yang penuh buku dan lainnya, he*. Nah, kalau ketemu tempat sampah baru deh gue buang.
Itu mudah kok, kalau kita sudah terbiasa. Makanya biasakanlah dari diri sendiri. Sampah memang hal kecil. Tapi kalau dibiarkan menumpuk di tempat yang tidak seharusnya itu membuatnya menjadi masalah yang akan membesar untuk lingkungan kita. Ingat saat Bandung menjadi lautan sampah kan? Mulai dari hal kecil dan dari diri sendiri. Hijaukan kembali bumi kita, kawan!
Anyway, besok gue udah masuk semester 4. Kuliah perdana gue juga berhubungan dengan lingkungan. Semester ini gue ngambil KesLing a.k.a. Kesehatan Lingkungan. Di kampus gue, tiap mahasiswa dari jurusan apapun wajib mengambil salah satu mata kuliah lingkungan. Biar kita lebih kenal dengan lingkungan dan lebih peduli dengan lingkungan pastinya. Karena besok kuliah perdana KesLing jam 7 pagi *dan karena ini mata kuliah dari prodi lain* gue ga berani telat. Makanya, sekarang gue mau matiin laptop dulu. Cabut charger-nya biar aman dan hemat energi. Matiin lampu kamar. Bobo deh. Zzzz...

Anyway, besok gue udah masuk semester 4. Kuliah perdana gue juga berhubungan dengan lingkungan. Semester ini gue ngambil KesLing a.k.a. Kesehatan Lingkungan. Di kampus gue, tiap mahasiswa dari jurusan apapun wajib mengambil salah satu mata kuliah lingkungan. Biar kita lebih kenal dengan lingkungan dan lebih peduli dengan lingkungan pastinya. Karena besok kuliah perdana KesLing jam 7 pagi *dan karena ini mata kuliah dari prodi lain* gue ga berani telat. Makanya, sekarang gue mau matiin laptop dulu. Cabut charger-nya biar aman dan hemat energi. Matiin lampu kamar. Bobo deh. Zzzz...
Minggu, 12 Desember 2010
she wrote something about me in her blog
~raches :*
akhir-akhir ini jadi sering lagi main sama raches. hehehe. seneng deh :)
soalnya kan jadwal if sama sti tuh saling berkomplemen. pas yang satu kuliah yang satu nggak„ pas yang lain kuliah, yang satu nggak. satu-satunya waktu kita sekelas cuma tiap rabu pagi yaitu pkn dan agama yang beberapa kali kita bolosin. hehhehe
jadi mengingat-ingat, kenapa yaa aku deket sama raches? padahal seinget aku dulu awal-awal banget TPB dia termasuk unsur yang diskrit. yang maennya ama cowok-cowok diujung sono (baca : fitra, ardhi, rano, ). trus kalo istirahat suka syung hilang entah kemana. iya nggak sih?
hemm„ mungkin itu masalah intensitas juga. hehehe, soalnya saya bener-bener sekelas sama raches itu 1 tahun pisan pas tpb. dari mulai kelas stei 3 untuk pelajaran2 yang dibaginya mod 4, pti-a sama dre yang dibaginya mod 6, sampe pelajaran-pelajaran yang entah dibagi karena apa seperti bahasa inggris.
selain itu nim kami nggak terlalu jauh juga, 263 sama 267.. jadi banyak tugas-tugas akhir semester yang menyebabkan kita end up jadi satu kelompok.
tapi entahlah, bahkan kalau harus memilihpun akhirnya kita jadi satu kelompok. hahaha, jadi ada berapa tugas akhir yang bikin kita bareng ya ches? kpip, fisika 1, fisika 2, tubes pti, ttki„ terus juga bahasa inggris kita sekelompokbikin nemenin alvin bikin essay. hahaha. ada yang kelewat nggak ya? hemmm…
aku suka banget sama yang namanya raches karena dia kecil dan mukanya masuk di tangan saya jadi ngingetin saya sama temen sma saya. hahha
aku juga suka sama raches soalnya dia termasuk orang2 yang nggak marah buku-bukunya (dan bahkan anggota tubuhnya) dicoret-coret untuk memuaskan hasrat iseng saya. hehehe. apa bahkan diem aja yaa??
dia juga orang yang mau aja ngedengerin cerita-cerita saya yang meskipun itu udah diulang berkali-kali dan dia cuma bilang “ini udah ke (berapa) kali, git” …
kadang-kadang jalan pikiran kita sama„ jadi ngetawain sesuatu bareng, ngatain sesuatu bareng, ngomongin sesuatu bareng, ngegosipin sesuatu bareng. hahaha
atau juga kadang-kadang pikiran kita nggak sinkron jadi kita ngobrol dengan membicarakan topik yang berbeda. gw rasa bagian ini kita udah super duper random banget, cuma butuh didengerin, nggak peduli lawan bicaranya ngomongin apa. terus kita ketawa bareng ngatain diri sendiri.
hahahahahaha
semester depan kayaknya kita nggak ada yang sekelas deh, gimana yaa?? kita nggak bisa “ngobrol serius” lagi rach :))
soalnya kan jadwal if sama sti tuh saling berkomplemen. pas yang satu kuliah yang satu nggak„ pas yang lain kuliah, yang satu nggak. satu-satunya waktu kita sekelas cuma tiap rabu pagi yaitu pkn dan agama yang beberapa kali kita bolosin. hehhehe
jadi mengingat-ingat, kenapa yaa aku deket sama raches? padahal seinget aku dulu awal-awal banget TPB dia termasuk unsur yang diskrit. yang maennya ama cowok-cowok diujung sono (baca : fitra, ardhi, rano, ). trus kalo istirahat suka syung hilang entah kemana. iya nggak sih?
hemm„ mungkin itu masalah intensitas juga. hehehe, soalnya saya bener-bener sekelas sama raches itu 1 tahun pisan pas tpb. dari mulai kelas stei 3 untuk pelajaran2 yang dibaginya mod 4, pti-a sama dre yang dibaginya mod 6, sampe pelajaran-pelajaran yang entah dibagi karena apa seperti bahasa inggris.
selain itu nim kami nggak terlalu jauh juga, 263 sama 267.. jadi banyak tugas-tugas akhir semester yang menyebabkan kita end up jadi satu kelompok.
tapi entahlah, bahkan kalau harus memilihpun akhirnya kita jadi satu kelompok. hahaha, jadi ada berapa tugas akhir yang bikin kita bareng ya ches? kpip, fisika 1, fisika 2, tubes pti, ttki„ terus juga bahasa inggris kita sekelompok
aku suka banget sama yang namanya raches karena dia kecil dan mukanya masuk di tangan saya jadi ngingetin saya sama temen sma saya. hahha
aku juga suka sama raches soalnya dia termasuk orang2 yang nggak marah buku-bukunya (dan bahkan anggota tubuhnya) dicoret-coret untuk memuaskan hasrat iseng saya. hehehe. apa bahkan diem aja yaa??
dia juga orang yang mau aja ngedengerin cerita-cerita saya yang meskipun itu udah diulang berkali-kali dan dia cuma bilang “ini udah ke (berapa) kali, git” …
kadang-kadang jalan pikiran kita sama„ jadi ngetawain sesuatu bareng, ngatain sesuatu bareng, ngomongin sesuatu bareng, ngegosipin sesuatu bareng. hahaha
atau juga kadang-kadang pikiran kita nggak sinkron jadi kita ngobrol dengan membicarakan topik yang berbeda. gw rasa bagian ini kita udah super duper random banget, cuma butuh didengerin, nggak peduli lawan bicaranya ngomongin apa. terus kita ketawa bareng ngatain diri sendiri.
hahahahahaha
semester depan kayaknya kita nggak ada yang sekelas deh, gimana yaa?? kita nggak bisa “ngobrol serius” lagi rach :))
Kamis, 09 Desember 2010
Masih Terlalu Banyak Hal setelah Demo Tubes 2
Seperti biasa, kembali berada di depan laptop. Dan sekarang gue lagi ada di sekre2 HMIF. Jam 1 tadi ada demo tugas besar Alstrukdat yang kedua --penutup tugas Alstrukdat semester ini. Yayaya, tugasnya bikin Spreadsupersh*t!!!
Yang kayak excel dan kawan-kawannya itu lah. Harus pakai bahasa C dan ga boleh #include string.h
Ok. Tapi semua itu telah berlalu. Tepatnya tadi siang dari jam 2 sampai jam 3 kelompok tubes2 gue yang berisikan orang-orang terpilih seperti Kevin, Marchy, Hartono, Gita Cahyani, dan yang pasti gue, --ketawagajelas. Huft.
Gila, hari ini gue dijalan hampir 2 jam. Separuh perjalanan menuju Cirebon tuh kalo gue mudik *jadi homesick*. Padahal tadi gue harus kumpul kelompok sebelum demo jam 1. Tapi baru nyampe jam setengah 2, tepat saat waktu perjanjian demo dengan sang asisten. Untung, kakak asistennya juga telat dan baru dateng kurang lebih jam 2. Gue pun masih bisa bernafas lega setelah lari-larian dari gerbang depan sampai dingdong :D
Beres demo --ga bisa dibilang beres sih orang banyak yang gagal--, gue langsung nyekre. Hohoho. Sumpah ya, hari ini gue gabut banget. Bukannya ngerjain makalah strukdis yang deadlinenya minggu depan *masih lama buat seorang procastinator kayak gue* atau ngapain gitu. Nah ini sekarang gue malah cuma nongkrong di sekre, ga tau apa yang harus gue lakukan, malah gangguin orang yang lagi nubes --red:Gita Desrianti -- dan ngebuzz dari YM biar yang lagi nubes berasa terganggu. *evilsmirk*
Somebody told me? Gue bingung harus ngapain? Masih banyak sih kerjaan yang harus gue lakuin, tapi belum deadline. Gue juga harus belajar buat UAS minggu depan yang notabene gue masih belum paham tentang materi UAS itu. Tapi, tapi, tapi.. Gue MALAS.. hhhhhh
Sekarang sudah lewat Maghrib dan gue pun masih duduk di dekat papan tulis di sekre2 ini. fufufu.
Selasa, 07 Desember 2010
It was A Warning
It was A Warning
Yeach, it was.
Sabtu malam kemarin, gue balik dari kampus hampir jam 9 malam. Gue mau pulang ke rumah kakak gue di Soekarno Hatta. Tapi, gue harus ngambil barang dulu di kosan. Gue pulang naik Margahayu Ledeng dari Cihampelas (dari kosan gue ke Cihampelas memang dekat). Angkotnya kosong banget, jadi gue duduk di depan deh.
Hers: Baru pulang?
Gue: Iya, Bu.
Hers: Kelas berapa?
Gue: Udah kuliah, Bu.
Hers :Oh, udah kuliah, masih kecil ya. Masih muda? Baru 17 tahun?
Gue: Ah, ga. Udah 19, Bu.
Hers: Kuliah dimana?
Gue: ITB, Bu.
Hers: Tingkat berapa?
Gue: Baru tingkat 2, Bu.
Hers: Sekarang kuliah 5 tahun ya? Jurusan apa?
Gue: Semoga cuma 4 tahun aja. Informatika, Bu.
Hers: Susah ga kalo komputer gitu?
Gue: Ya, lumayan #sedih mengingat tubes
Hers: Asalnya dari mana?
Gue: Cirebon, Bu.
Hers: Saya pernah ke sana. Panas banget ya di sana?
Gue: Ahaha, iya, Bu, namanya juga pinggir laut.
Hers: Kos dimana?
Gue: Di Kebon Bibit sih, Bu.
Pembicaraan masih normal
Lewat Riau Junction.
Hers: Tingkat 2 sekarang udah sering pulang malem ya?
Gue: Iya sih, Bu. Udah mulai sering pulang malem gini.
Hers: Saya dulu waktu tingkat 3 kayaknya baru pulang malem.
Gue: Oh, Ibu dari ITB juga. Jurusan apa, Bu?
Hers: Ah, ga. Saya mah manajemen. Ga suka saya sama IPA kayak gitu. Saya IPS.
Gue: Oh, ya lagian kalo itu mah urusan suka sama hobi, Bu. Tergantung minatnya dimana.
Hers: Lewat sini ya?
Gue: Oh ga, Bu. Sekarang mau ke rumah kakak di Soekarno Hatta.
-- sejauh ini pun masih normal
Hers: Itu giginya kenapa ga dikawat? Ga diurusin ya waktu kecil?
Gue: Emang saya takut dicabut gigi, Bu. Soalnya, kalo mau dikawat, gigi saya harus ada yang dicabut.
#pengalaman buruk waktu SD cabut gigi terus darahnya ga berhenti-berhenti, terus ga pernah mau ke dokter gigi lagi dan jadi takut cabut gigi.
Hers: Wah, mending diurusin dari sekarang. Ya, mungkin sekarang belum kepikiran, tapi ntar kalo udah kerja kan barangkali ganggu penampilan, sayang soalnya.
Gue: Iya, Bu. #padahal gue masih takut buat cabut gigi sampai sekarang, ahahaha :D
Hers: Padahal kalau berdo’a sama Tuhan, apa saja juga bisa terjadi. Tuhan kan bisa segalanya. Buktinya, teman saya ada yang giginya patah, terus berdo’a buat minta gigi emas. Sudah lama dia berdo’a, sampai dia sudah lupa. Pagi-pagi dia bangun, terus Tuhan bilang coba pegang giginya pakai lidah. Ternyata giginya sudah jadi gigi emas.
Gue: (tertawa kecil hampir ga percaya)
Hers: Bener loh. Mungkin yang denger mah ga percaya malah ketawa. Tapi kan kalo Tuhan mau apa aja juga ya bisa aja. Yang penting kita percaya. Kalo percaya terus berdo’a semua juga bisa aja terjadi. Tuhan kan bisa ngelakuin apa aja. Bahkan, kalo mau ngebangkitin yang udah wafat juga bisa.
Gue: Iya, Bu. #sampai sini gue kira dia Christian
Ada YM masuk lagi, obrolan berhenti selama gue ngebales YM.
Gue: Rumahnya di Binong ya, Bu? Sebelah mana?
Hers: Eh, kok tau?
Gue: Iya, kan tadi Ibu nanya arah Binong pas mau naik.
Hers: Tau Binong? Saya di deket sate situ.
Gue: Oh, sate yang lampu merah?
Hers: Iya, itu yang punya tetangga saya. Satenya enak.
Gue: Iya, emang yang disitu satenya enak. Sering beli juga.
Hers: Yang punyanya itu baik banget. Saya aja suka dikasih. Suka ga mau dibayar kalo saya mau beli. Sekalinya beli kalo saya beli 2 dikasih 5. Beli 5 dikasih 10. Sampai saya ga enak sendiri kalo mau beli.
Hers: Suka masak?
Gue: *malu*. Ahaha, ga Bu. Ga bisa masak.
Hers: Ya, bakat kan ada yang langsung kelihatan ada yang harus belajar dulu terus kelihatannya nanti. (dan seterusnya). Nah, daripada beli makanan mending buat sendiri. Soalnya nasinya aja airnya pakai air ledeng. Itu kan ga baik, itu ada kaporitnya. Ya, kaporit kan ga baik, itu kan buat nyuci ya. Makanya saya mah lebih suka masak sendiri. Sekarang kan penyakit awalnya kebanyakan dari makanan. Kan kita bukan hidup buat makan. Tapi makan buat hidup.
Gue: Iya, Bu. Tapi ya gimana lagi kalo anak kosan mah susah juga, Bu.
Hers: Eh, bisa. Kalo berdo’a, minta sama Tuhan biar dapat makanan yang sehat.
Hers: kalo saya sama makanan tuh suka cepet bosen. Bosenan. Kalo sekalinya lagi suka makan bubur kacang ijo bisa 3 mangkok tapi abis itu bisa berapa bulan sampe setahun ga makan-makan itu lagi. Jus aja sekarang saya udah lama ga minum. Padahal dulu saya bisa minum 6 liter. Ya, mungkin itu yang diajarin orang tua dulu sih. Kalo lagi ada atau musim mending makan yang banyak. Kan, kalo ga ad amah susah ya nyarinya. Bukan ga mungkin sih. Kalo Tuhan mau, Tuhan bisa kasih.
Gue kira dia Cina, karena putih dan sipit, sampai akhirnya dia bilang
Hers: Ya, Bapak saya Prancis, Ibu saya Jepang.
Gue: hm.
Hers: Makanya harus suka ngedenger. Kalo orang tua bilang nyuruh sikat gigi malam-malam. Nyeselnya baru sekarang kalo udah bolong gini.
#first warning: satu minggu ini gue hampir ga gosok gigi kalo mau tidur gara-gara ga tidur di kosan. Dan kalo pulang malem maunya udah langsung tidur, males ke kamar mandi dulu.
Sampai perempatan Jalan Jakarta.
Hers: Kalo makan itu harus sayur dulu biar bagus baru masuk daging. Nah, kalo sekarang mah udah tau kan kemarin saya ikut seminar kesehatan makanya dilaksanain. Makan sayur tuh perlu banget apalagi kalo perempuan kan, ntar gimana,
Hers: Eh, jangan marah ya. Kamu tuh orangnya susah jatuh cinta ya.
Gue: (shock). Ahaha.
Hers: Iya, susah jatuh cinta ya, tapi sekalinya jatuh cinta bakal setia. Terus orangnya perasaan banget. Kalo udah disakitin susah maafinnya.
Gue: Cuma bisa nelen ludah.
See, tebakan ibu itu sangatlah benar kalo gue orang yang super sulit jatuh cinta dan bakal susah maafin orang kalo emang udah kelewat sakit hati.
Lanjut.
Hers: Kamu tuh cocoknya di bisnis loh.
Gue: Hah?
Hers: Iya, coba aja ikut sama orang dulu nanti, terus ya bisnis.
#haduh, jauh juga dari kuliah Teknik Informatika yang sekarang lagi gue jalanin. Dan gue masih bengong karena gue masih ga suka sama bisnis, perekonomian dan sebagainya.
Hers: Namanya siapa?
Gue: Rachma, Bu.
Hers: Bagus ya namanya Rachma. Ya, banyak-banyak berdo’a aja. Suka sholat tahajud ga?
Gue: Ah, iya udah lama ga sholat malem.
Hers: Iya, biasain aja sholat malem pasti ntar enak banget sambil berdo’a sama Tuhan. Biar sukses, terus suaminya sholeh coba. Enak deh kalo udah biasa, malem gitu, sepi, tenang.
Gue: Amin ?. Ibu namanya siapa, Bu?
Hers: Emitias Putri. (turun dari angkot).
nb: kurang lebih begitu percakapannya tapi ga exactly kayak gitu
Yeach, it was.
Sabtu malam kemarin, gue balik dari kampus hampir jam 9 malam. Gue mau pulang ke rumah kakak gue di Soekarno Hatta. Tapi, gue harus ngambil barang dulu di kosan. Gue pulang naik Margahayu Ledeng dari Cihampelas (dari kosan gue ke Cihampelas memang dekat). Angkotnya kosong banget, jadi gue duduk di depan deh.
Sambil minum sekaleng milo gue nyalain YM buat ngilangin kejenuhan di angkot. Perjalanan yang gue tempuh akan cukup lama soalnya. Lalu, ga jauh dari Cihampelas, sekitar lampu merah BIP, ada seorang ibu yang kelihatannya abis belanja. Dia kelihatannya suka ngobrol. Gue yang awalnya niat mau tidur sepanjang perjalanan jadi ga ngantuk.
Sepertinya dia suka cerita juga. Gue cuma berniat buat mendengarkan saja dan hanya menjawab pertanyaan seadanya. Ternyata, dia menyinggung beberapa hal yang hamir gue lupa lakukan akhir-akhir ini, juga beberapa hal yang gue ga suka padahal itu ga baik buat gue kayak ga suka makan sayur. Pembukaan pembicaraan dia nanya gue kelas berapa? Gue masih terlihat muda ya? Ahaha:D
Hers: Baru pulang?
Gue: Iya, Bu.
Hers: Kelas berapa?
Gue: Udah kuliah, Bu.
Hers :Oh, udah kuliah, masih kecil ya. Masih muda? Baru 17 tahun?
Gue: Ah, ga. Udah 19, Bu.
Hers: Kuliah dimana?
Gue: ITB, Bu.
Hers: Tingkat berapa?
Gue: Baru tingkat 2, Bu.
Hers: Sekarang kuliah 5 tahun ya? Jurusan apa?
Gue: Semoga cuma 4 tahun aja. Informatika, Bu.
Hers: Susah ga kalo komputer gitu?
Gue: Ya, lumayan #sedih mengingat tubes
Hers: Asalnya dari mana?
Gue: Cirebon, Bu.
Hers: Saya pernah ke sana. Panas banget ya di sana?
Gue: Ahaha, iya, Bu, namanya juga pinggir laut.
Hers: Kos dimana?
Gue: Di Kebon Bibit sih, Bu.
Pembicaraan masih normal
Lewat Riau Junction.
Hers: Tingkat 2 sekarang udah sering pulang malem ya?
Gue: Iya sih, Bu. Udah mulai sering pulang malem gini.
Hers: Saya dulu waktu tingkat 3 kayaknya baru pulang malem.
Gue: Oh, Ibu dari ITB juga. Jurusan apa, Bu?
Hers: Ah, ga. Saya mah manajemen. Ga suka saya sama IPA kayak gitu. Saya IPS.
Gue: Oh, ya lagian kalo itu mah urusan suka sama hobi, Bu. Tergantung minatnya dimana.
Hers: Lewat sini ya?
Gue: Oh ga, Bu. Sekarang mau ke rumah kakak di Soekarno Hatta.
-- sejauh ini pun masih normal
Hers: Itu giginya kenapa ga dikawat? Ga diurusin ya waktu kecil?
Gue: Emang saya takut dicabut gigi, Bu. Soalnya, kalo mau dikawat, gigi saya harus ada yang dicabut.
#pengalaman buruk waktu SD cabut gigi terus darahnya ga berhenti-berhenti, terus ga pernah mau ke dokter gigi lagi dan jadi takut cabut gigi.
Hers: Wah, mending diurusin dari sekarang. Ya, mungkin sekarang belum kepikiran, tapi ntar kalo udah kerja kan barangkali ganggu penampilan, sayang soalnya.
Gue: Iya, Bu. #padahal gue masih takut buat cabut gigi sampai sekarang, ahahaha :D
Hers: Padahal kalau berdo’a sama Tuhan, apa saja juga bisa terjadi. Tuhan kan bisa segalanya. Buktinya, teman saya ada yang giginya patah, terus berdo’a buat minta gigi emas. Sudah lama dia berdo’a, sampai dia sudah lupa. Pagi-pagi dia bangun, terus Tuhan bilang coba pegang giginya pakai lidah. Ternyata giginya sudah jadi gigi emas.
Gue: (tertawa kecil hampir ga percaya)
Hers: Bener loh. Mungkin yang denger mah ga percaya malah ketawa. Tapi kan kalo Tuhan mau apa aja juga ya bisa aja. Yang penting kita percaya. Kalo percaya terus berdo’a semua juga bisa aja terjadi. Tuhan kan bisa ngelakuin apa aja. Bahkan, kalo mau ngebangkitin yang udah wafat juga bisa.
Gue: Iya, Bu. #sampai sini gue kira dia Christian
Ada YM masuk lagi, obrolan berhenti selama gue ngebales YM.
Gue: Rumahnya di Binong ya, Bu? Sebelah mana?
Hers: Eh, kok tau?
Gue: Iya, kan tadi Ibu nanya arah Binong pas mau naik.
Hers: Tau Binong? Saya di deket sate situ.
Gue: Oh, sate yang lampu merah?
Hers: Iya, itu yang punya tetangga saya. Satenya enak.
Gue: Iya, emang yang disitu satenya enak. Sering beli juga.
Hers: Yang punyanya itu baik banget. Saya aja suka dikasih. Suka ga mau dibayar kalo saya mau beli. Sekalinya beli kalo saya beli 2 dikasih 5. Beli 5 dikasih 10. Sampai saya ga enak sendiri kalo mau beli.
Hers: Suka masak?
Gue: *malu*. Ahaha, ga Bu. Ga bisa masak.
Hers: Ya, bakat kan ada yang langsung kelihatan ada yang harus belajar dulu terus kelihatannya nanti. (dan seterusnya). Nah, daripada beli makanan mending buat sendiri. Soalnya nasinya aja airnya pakai air ledeng. Itu kan ga baik, itu ada kaporitnya. Ya, kaporit kan ga baik, itu kan buat nyuci ya. Makanya saya mah lebih suka masak sendiri. Sekarang kan penyakit awalnya kebanyakan dari makanan. Kan kita bukan hidup buat makan. Tapi makan buat hidup.
Gue: Iya, Bu. Tapi ya gimana lagi kalo anak kosan mah susah juga, Bu.
Hers: Eh, bisa. Kalo berdo’a, minta sama Tuhan biar dapat makanan yang sehat.
Hers: kalo saya sama makanan tuh suka cepet bosen. Bosenan. Kalo sekalinya lagi suka makan bubur kacang ijo bisa 3 mangkok tapi abis itu bisa berapa bulan sampe setahun ga makan-makan itu lagi. Jus aja sekarang saya udah lama ga minum. Padahal dulu saya bisa minum 6 liter. Ya, mungkin itu yang diajarin orang tua dulu sih. Kalo lagi ada atau musim mending makan yang banyak. Kan, kalo ga ad amah susah ya nyarinya. Bukan ga mungkin sih. Kalo Tuhan mau, Tuhan bisa kasih.
Gue kira dia Cina, karena putih dan sipit, sampai akhirnya dia bilang
Hers: Ya, Bapak saya Prancis, Ibu saya Jepang.
Gue: hm.
Hers: Makanya harus suka ngedenger. Kalo orang tua bilang nyuruh sikat gigi malam-malam. Nyeselnya baru sekarang kalo udah bolong gini.
#first warning: satu minggu ini gue hampir ga gosok gigi kalo mau tidur gara-gara ga tidur di kosan. Dan kalo pulang malem maunya udah langsung tidur, males ke kamar mandi dulu.
Sampai perempatan Jalan Jakarta.
Hers: Kalo makan itu harus sayur dulu biar bagus baru masuk daging. Nah, kalo sekarang mah udah tau kan kemarin saya ikut seminar kesehatan makanya dilaksanain. Makan sayur tuh perlu banget apalagi kalo perempuan kan, ntar gimana,
#kedua: gue sama sekali ga suka sayur!! Itu buruk. Dan siangnya gue baru ngomongin, gue mau survey buat konsumsi mukrab tapi kalo ke tempat catering yang sekaligus warung makan gitu kalo nyobain sayur gue ga bisa makannya. Gue sama sekali ga suka sayyuuuurr!! Sayur = Pahit.
Udah deket jalan laying di Kiara Condong.Hers: Eh, jangan marah ya. Kamu tuh orangnya susah jatuh cinta ya.
Gue: (shock). Ahaha.
Hers: Iya, susah jatuh cinta ya, tapi sekalinya jatuh cinta bakal setia. Terus orangnya perasaan banget. Kalo udah disakitin susah maafinnya.
Gue: Cuma bisa nelen ludah.
Kenapa tiba-tiba dia tau. Dia peramal? Ya, emang gue orangnya susah banget buat jatuh cinta, atau sekedar suka sama orang. Perasaan gue itu flat banget sama hampir semua orang. Selama 19 tahun gue hidup, gue baru pernah suka sama dua orang. Yang pertama, ga ada yang tau. Haha, karena gue tipe orang yang kalo suka ya udah suka aja, ga akan gimana-gimana dan ngapa-ngapain, Cuma gue doang yang tau. Lagian sekarang udah lupa. Itu kisah jaman bareto pisan geus lila. Tapi kalo diinget ke belakang itu konyol. Yang kedua, mungkin hanya beberapa temen deket gue yang tau. Dan ini pertama kalinya gue berani cerita hal ini di sini. Di dunia maya ini. Soalnya yang ini gue emang sempet jadian. Dikala gue emang ga boleh pacaran sama sang ayah tecinta, dikala gue emang tomboy (temen gue lebih banyak cowok daripada cewe, doyan banget bola, suka yang ekstrem-ekstrem dan sebagainya, ahaha *blushing*), dikala gue suka kena gosip karena emang gue sering main sama cowo tapi gue selalu flat banget mau digosipin apapun, dikala gue cuma cinta setengah idup sama Kimi Raikkonen, dikala gue yang masih labil juga (masih kelas 2 SMA waktu itu), dikala kehidupan gue sangat bahagia menjomblo di saat yang lain sibuk pacaran. Akhirnya gue pun pacaran setelah pedekate berbulan-bulan. Dan berbulan-bulan kemudian, gue pun putus karena satu alasan yang paling krusial. Dan kalo ga salah gue maapinnya lumayan lama. Gue jarang sampai luar biasa kesel atau ga suka sama orang. Tapi sekalinya gue udah sebel yang luar biasa, ya gue bakal susah maafin orang itu.
See, tebakan ibu itu sangatlah benar kalo gue orang yang super sulit jatuh cinta dan bakal susah maafin orang kalo emang udah kelewat sakit hati.
Lanjut.
Hers: Kamu tuh cocoknya di bisnis loh.
Gue: Hah?
Hers: Iya, coba aja ikut sama orang dulu nanti, terus ya bisnis.
#haduh, jauh juga dari kuliah Teknik Informatika yang sekarang lagi gue jalanin. Dan gue masih bengong karena gue masih ga suka sama bisnis, perekonomian dan sebagainya.
Hers: Namanya siapa?
Gue: Rachma, Bu.
Hers: Bagus ya namanya Rachma. Ya, banyak-banyak berdo’a aja. Suka sholat tahajud ga?
Gue: Ah, iya udah lama ga sholat malem.
Gila, gue baru sadar gue udah lama banget ga sholat malam. Huft. Sepertinya akhir-akhir ini gue kurang bersyukur. Dulu aja, atau ga kalo gue lagi butuh sama Allah, gue rajin banget shalat tahajud dan berdo’a. Mungkin ini sedikit tamparan juga buat gue. Last warning nih. Gue jadi inget, dulu waktu SMA gue masih terbilang rajin buat shalat malam. Apalagi waktu kelas 3 SMA. Gue bener-bener memohon untuk diberikan dan dipilihkan yang terbaik oleh Allah. Ya, mungkin buahnya adalah status sebagai mahasiswi STEI ITB inilah yang diberikan oleh Allah. Berkah yang luar biasa. Disaat gue dulu bimbang dang a tau sebenarnya gue labih baik ngambil jurusan apa. Kalo ITB, itu memang cita-cita gue dari dulu. Gue dulu sama sekali ga mau ikut ujian buat masuk perguruan tinggi lain selain ITB. Parah banget y ague. Tapi, akhirnya gue nurutin apa kata mama buat ikut simak UI dan nurutin apa kata papa buat ikut UM UGM. Mungkin memang belum jodoh dan Allah ga ngasih jalan hidup gue ke sana, gue ga diterima. SMUP juga gue ikutan karena ujian perguruan tinggi terakhir sebelum pengumuman USM Terpusat ITB, kata mama buat jaga-jaga. Ya, dan ternyata Allah dengan sangat baik mengabulkan apa yang gue pinta. Allah udah ngasih yang terbaik buat gue. STEI ITB saat itu merupakan fakultas dengan passing grade tertinggi se Indonesia. Dan gue berharap seandainya gue diterima dimanapun, itu akan menjadi jalan gue yang terbaik dengan petunjuk-Nya. Alhamdulillah gue udah melewati masa TPB walaupun dengan hasil yang kurang memuaskan dan sekarang berada di lingkungan Teknik Informatika ITB. Namun, sekarang gue kurang bersyukur. Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini yang hanya mendekatkan diri kepada-Mu di saat membutuhkan kuasa-Mu, ya Allah. Jangan berhenti memberi peringatan dan teguran kepada hamba-Mu ini, disaat hati ini kurang dekat dengan-Mu atau bahkan hampir melupakan-Mu. Dekatkanlah selalu hati ini dengan-Mu ya Allah. Amin.
Hers: Iya, biasain aja sholat malem pasti ntar enak banget sambil berdo’a sama Tuhan. Biar sukses, terus suaminya sholeh coba. Enak deh kalo udah biasa, malem gitu, sepi, tenang.
Gue: Amin ?. Ibu namanya siapa, Bu?
Hers: Emitias Putri. (turun dari angkot).
Jumat, 29 Oktober 2010
Perbincangan Empat Mahasiswa
Tadi pagi, saya telat bangun. Saya baru bangun jam 8.09 disaat ada kumpul angkatan jam 8.00 di dingdong. Alhasil, saya cuma cuci muka dan sikat gigi langsung cabut ke kampus. Padahal HMIF sendiri sangat menjunjung tinggi budaya tepat waktu.
Well, itu hanya permulaan hari ini. Kumpul angkatan sendiri selesai pukul 9. Setelahnya, saya, Emil, Adhiguna, dan Auliya sarapan di depan Taman Ganesha. Saya dan Adhi pesan nasi goreng, Emil pesan pempek, dan Aul pesan soto -ga penting sih apa yang kita makan-. Sembari makan, mengisi keheningan kami berempat melakukan pembicaraan. Pada mulanya, kita membicarakan topik debate battle yang akan dilaksanakan Sabtu besok. Kami berempat memilih tema CAFTA(China-ASEAN Free Trade Area). Saya dan Aul pro, Emil dan Adhi kontra. It's not a matter whether you choose to be pro or counter against the topic. Debate battle itu dilaksanakan agar kita bisa memandang suatu permasalahan dari beragam sudut pandang sehingga bisa membuat kita lebih kritis dan cermat dalam melakukan penilaian terhadap permasalahan tersebut.
Ada 5 tema yang diangkat dalam debate battle, yakni :
1. CAFTA (China-ASEAN Free Trade Area) bagi perekonomian Indonesia
2. Evaluasi 1 tahun kepemimpinan SBY-Boediyono
3. HMIF menarik diri dari kabinet KM
4. Setelah lulus S1, bekerja atau S2?
5. Tes keperawanan untuk syarat masuk sekolah
2. Evaluasi 1 tahun kepemimpinan SBY-Boediyono
3. HMIF menarik diri dari kabinet KM
4. Setelah lulus S1, bekerja atau S2?
5. Tes keperawanan untuk syarat masuk sekolah
Setelah melakukan pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk memilih tema pertama karena bisa dilihat dari dua sisi dengan objektif. Tema kedua pun bisa dinilai dengan objektif hanya saja saya masih agak 'apatis' terhadap persoalan negara dan perpolitikan. Persoalan ketiga No Comment. Saya masih belum mengetahui dan mengerti secara mendalam apa yang benar-benar dipermasalahkan oleh himpunan saya dengan kabinet selain masalah arak-arakan yang mennjadi trigger topik tersebut. Persoalan keempat hanyalah sebuah keputusan yang diambil oleh pribadi masing-masing dan konteksnya sangat subjektif. Itu merupakan pilihan pribadi seorang individu dan tidak seru untuk diperdebatkan. Sedangkan topik kelima, kontra bisa menang telak dengan melemparkan argumen dari UUD '45 tentang hak mendapat pendidikan bagi warga Indonesia tanpa terkecuali (Emil yang mengingatkan saya dengan pasal 31).
BAB XIII
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Pasal 31
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Pasal 31
(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya
(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.
(4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.
(5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradapan serta kesejahteraan umat manusia
Semangat kawan! 2020 Indonesia Emas oleh generasi kita!
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya
(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.
(4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.
(5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradapan serta kesejahteraan umat manusia
Setelah membicarakan kelima topik tersebut. Kami kembali ke topik ketiga. Ya, tentang HMIF dan kabinet KM ITB sekarang yang berujung pada persoalan negara. HMIF dengan resmi sudah melayangkan surat untuk kabinet untuk menuntut kabinet yang lebih baik. Pembicaraan meliputi apa yang dipermasalahkan oleh himpunan sejak kepengurusan tahun ini dilantik. Mulai dari OSKM yang bermasalah sampai wisuda Oktober minggu lalu. Pada OSKM 2010 sendiri, saya menjadi salah seorang panitia. Saya taplok -tata tertib kelompok- OSKM atau disebut AntaKusuma. Saya merasakan bagaimana peliknya kepanitian OSKM tahun ini, dimana taplok menjadi sangat gabut -gaji buta- yang hampir tidak melaksanakan tugas sebagaimana mestinya karena kendala waktu dan kendala yang diakibatkan oleh satu 'unit' yang baru berdiri di ITB saat itu yakni K3L. K3L membuat kami, mahasiswa ITB, seperti kehilangan rumah kami. Lagu kebanggaan kami pun, yang berjudul 'Kampusku Rumahku' sudah tidak berarti. Kampusku BUKAN Rumahku lagi saat itu. Hampir semua kegiatan mahasiswa sangat dibatasi dengan alasan keamanan dan keselamatan kerja. Klimaksnya saat closing OSKM yang tidak mendapat izin, seluruh massa himpunan ITB siap pasang badan untuk mendukung keberlangsungan closing tersebut dengan status closing tersebut ilegal.
Ya, memang closing OSKM merupakan salah satu sarana penting yang memungkinkan interaksi pertama kali massa kampus ITB dengan mahasiswa baru yang pada saatnya akan meneruskan keberlangsungan Keluarga Mahasiswa. Closing juga bisa memberikan impresi pertama bagi maba. Sayangnya, closing OSKM yang hampir ilegal tersebut akhirnya medapat 'kelegalan' dari yang berwenang. Namun, kendala tetap terjadi, hujan yang turun, mobilisasi yang memakan waktu serta kehadiran bapak-bapak dan ibu-ibu dari k3l membuat kami menyudahi acara yang seharusnya menjadi sebuah kenangan untuk 2010 tersebut.
Saya memang tidak tahu apa lagi masalah lain yang mungkin terjadi di internal kabinet. Saya hanya mendengar isu yang ada dari beberapa teman yang memang berada di kabinet. Saya bukan orang kabinet, tapi saya juga selama masih menjadi mahasiswi ITB, saya merupakan anggota Keluarga Mahasiswa yang sebenarnya tiap anggota memiliki kewajiban untuk turut serta membawa KM ke arah yang lebih baik.
Masalah yang ada dalam diri saya sendiri adalah keapatisan. Saya cuek. Saya hampir tidak pernah peduli dengan apa yang terjadi dengan lingkungan sekitar saya. Berkali-kali saya terkena 'gamparan' yang cukup keras dari ayah saya, bahkan beberapa teman saya. Saya tidak cukup peduli akan apa yang menimpa teman saya. Bukannya tidak peduli, saya sebenarnya tidak ingin ikut campur masalah orang lain, kecuali memang mereka yang bercerita tentang masalahnya dan meminta bantuan saya. Saya bukannya tidak ingin membantu dengan inisiatif sendiri tapi sekali lagi saya tegaskan bahwa saya memang tidak suka bertanya akan masalah orang lain.
Lanjut ke obrolan kami. Memperbincangkan tentang kabinet, jadi teringat tentang kabinet negara kita. Negara kita yang sampai saat ini seperti jalan di tempat. Topik kami adalah tentang intel, tentang STIN dan seperti apa orang-orang intel negara ini. Indonesia mungkin membutuhkan orang-orang hebat seperti intel yang diperlihatkan di film-film Hollywood. Tidak hanya itu, Indonesia juga membutuhkan orang-orang idealis yang cinta kepada negeri ini, yang memiliki semangat nasionalis yang tinggi. In fact, hanya segelintir anak muda yang masih sangat peduli pada negara, (atau mungkin sudah tidak ada?). Ayah saya mungkin terbilang salah satu orang yang concern terhadap perkembangan negara ini. Kakek dari ayah saya memang pernah membela Indonesia di zaman perang di bawah kepemimpinan Jenderal Soedirman. Oleh karenanya, nama belakang ayah saya adalah Sudirman.
Sejak kecil, saya sering kali diceritakan ayah saya tentang bagaimana kehidupannya dulu. Apalagi sepeninggalnya kakek saya, saat itu ayah saya masih SD dan beliau adalah anak tertua. Tanggung jawab beliau pun bukan sebagai anak kecil lagi. Padahal beliau masih harus sekolah. Perjuangan untuk mendapatkan pendidikan itulah yang dulu memacu saya untuk terus mencari prestasi secemerlang mungkin di sekolah. Tanpa beban. Ayah saya selalu mengingatkan bahwa apa yang saya lakukan dia tidak peduli, karena pada akhirnya saya sendirilah yang akan menanggung dan mendapat konsekuensi dari tiap hal yang saya lakukan. Hal tersebut pertama kali beliau ucapkan ketika prestasi akademik saya turun. Saat itu pula, saya sedang nakal-nakalnya. Sejak saat itu, saya mulai mencerna maksud perkataan ayah saya.
skip.. Saya dulu sempat agak peduli dengan perkembangan negara ini. Dulu saat masih bocah. Anak kecil yang peduli namun tidak mengerti apa-apa. Semakin saya belajar IPS dan sedikit demi sedikit memahami perpolitikan, entah kenapa saya semakin tidak peduli dengan segala masalah politik yang ada di Indonesia. Mungkin juga disebabkan saya tidak menemukan sosok pemimpin yang selama ini saya cari. Tokoh teladan bangsa yang patut kita contoh. Saya akui memang sangat banyak orang hebat yang ada di negeri ini. Sayangnya, dunia politik yang saya lihat di masa SMP -dengan sudut pandang anak ingusan tersebut- adalah sekumpulan orang yang ingin mencari harta dengan kedudukannya di pemerintahan. Terlebih lagi ayah saya yang seorang pegawai negeri yang setelah kepemimpinan atasannya terdahulu hanya berangkat kerja untuk mengisi daftar hadir. Beliau selalu bilang, pekerjaannya itu terasa gabut -mungkin kalau dulu sudah ada istilah gabut-. Ketika saya kelas 3 SMA, ayah saya dipindahkan ke departemen lain, beliau pun kembali bekerja layaknya seorang pegawai negeri seharusnya. Atasannya masih tetap kurang 'baik' dan teman-teman kerjanya yang baru pun ternyata 'membudayakan' korupsi. Namun, ayah saya tetap bekerja sebaik mungkin. Beliau memang keras, kritis, bertanggung jawab dan tidak pernah mengeluh. Sampai saya sebesar ini pun, saya belum pernah mendengarnya mengeluh. Mungkin, hal tersebut dikarenakan oleh didikan orangtuanya dan keadaan yang memang memaksanya seperti itu. Beban yang dulu dipikulnya tidak ringan.
Indonesia itu kaya, tapi miskin. Seandainya (lagi-lagi seandainya), semua lapisan masyarakat Indonesia, remaja, dan pemudanya memiliki kepedulian yang cukup tinggi terhadap negeri ini, mungkin Indonesia sudah menjadi negara yang makmur. Saya sendiri merasa miris melihat diri sendiri yang semakin dewasa semakin apatis. Walaupun sebenarnya dari lubuk hati yang paling dalam /*serius*/, saya ingin turut andil untuk memajukkan negeri kita ini. Saya juga bingung apa yang membuat saya secuek ini. Cuek juga terhadap organisasi, himpunan, atau kabinet yang ada di kampus sendiri. Padahal track record saya cukup lumayan di keorganisasian. Dulu, saya sempat dipercaya menjadi wakil ketua osis di SMP dan MPK saat SMA. Sewaktu SD juga cuma kelas 5 doang saya ga jadi ketua murid. Tapi, kenapa saya seapatis ini sekarang? *big question?*
Kembali ke topik pembicaraan kami berempat mengenai kepemimpinan tertinggi Indonesia. Dari mulai Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid alias Gusdur, Megawati sampai Susilo Bambang Yudhoyono. Tentang mana yang benar dan mana yang salah, Mana yang baik atau lebih baik? Guru sejarah saya di kelas 1 SMA pernah bilang, ada ramalan tentang para pemimpin bangsa ini -tapi saya lupa isi tepatnya dan siapa peramalnya-, bagaimana karakternya, pemimpin yang bagaimana dan seperti apa akan memimpin bangsa ini. Ramalan tersebut juga berisi bahwa suatu saat nanti, (sekitar tahun 2020), Indonesia akan kembali bangkit dan mulai memasuki masa-masa kejayaannya kembali. Ya, tahun 2020. Itu adalah generasi emas katanya. Dan itu adalah generasi kami sekarang. Generasi penerus bangsa nantinya adalah kami. Pemuda pemudi harapan bangsa adalah generasi kami. Kami mungkin sekarang hanyalah seorang mahasiswa yang penuh dengan idealismenya. Mahasiswa yang seharusnya masih memiliki semangat juang yang tinggi. Seandainya 10 tahun dari sekarang, kami masih memiliki modal semangat dan idealisme tersebut, realisasi akan kebangkitan Indonesia bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Saya pun kembali sadar akan tanggung jawab saya sebagai individu, bagian dari masyarakat, warga negara Indonesia, dan mahasiswa. Saya ingin kembali memupuk rasa kepedulian yang sudah terlalu lama hilang dari diri saya. Kontribusi yang sudah lama tidak saya berikan. Kekritisan yang sudah sangat memudar.
Dan hari ini adalah Hari Sumpah Pemuda. Sebuah hari dimana 82 tahun yang lalu semua pamuda pemudi Indonesia mengikrarkan janjinya :
SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Semangat kawan! 2020 Indonesia Emas oleh generasi kita!
Rabu, 27 Oktober 2010
Sepenggal Kisah Awal Kuliah [repost]
Dimulai dari tanggal 10 Agustus 2009, pretest dilaksanakan di GKU Barat lantai 2 buat STEI. Hampir pukul 7.30, lembar soal pertama dibagikan. Terdiri dari 30 soal B. Indonesia dan 20 soal B. Inggris. Sebenarnya untuk B. Indonesia itu soal EYD dasar banget. Tapi entah mengapa ku tak tahu jawabannya. Hehe:D
Untuk B. Inggris terdiri dari 2 text yang panjang-panjang abiz, masing-masing bacaan untuk 10 soal. Dan katanya 20 soal itulah yang menentukan kami ditempatkan di kelas B.Inggris reading, writing, atau presentation. Alhasil, saya dapet yang paling ga enak yaitu writing.
Istirahat 15 menit.
Kembali dibagikan soal kalkulus, yah cuma 3 lembar. Tapi essay 5 nomor!!! Gelooo! Aing geus 2 bulan teu ngapalkeun. Gw cuma bisa nelen ludah pas ngerjain soal pretest itu. Begitu juga dengan 20 soal fisika dan 40 soal kimia, meskipun pilihan ganda. Hahaha! Begonya gw..
Lanjut ke hari berikutnya. Gladi resik Sidang Terbuka ITB, dan harus mengenakan seragam SMA! Ada SSdK yang menampilkan orang-orang hebat dari kampus kebanggaan bangsa ini sih. Jadi ya not bad lah untuk hari kedua. Tapi pulangnya itu loh?! Para panitia PROKM sudah stand by di pintu sabuga. Kami para mahasiswa baru langsung dikasih secarik kertas buat ospek dan pembagian kelompok. Saat itu juga ternyata harus bergabung dengan kelompoknya dan dibimbing oleh taplok-taplok yang baik hati langsung mendapatkan tugas kelompok yang dikerjakan sampai pukul 8 malam. Tapi, saya baru nyampe rumah jam 9.30. Hhhhh!
Hari ke-3. Sidang Terbuka ITB! Ada rektor, dekan, guru besar, maba S1, S2, S3 ngumpul semua di Sabuga. Ada yang ngomongin nano teknologi pula, yang bikin otak jadi ruwet seketika. Tapi pembicaranya mantap-mantap--walopun gw ga ngerti. Selesai sidang terbuka, ada seminar-seminar lagi. Makan siang dan makan malam gratis. Karena malamnya ada acara opening PROKM yang ga keliatan dari tempat saya berdiri. Jadi entahlah.
Day 4. Apel pagi di Sabuga, diajarin nyanyi lagu 'Kampusku Rumahku'........ Body wave mulu. Cakrawala bilang:"Siapa Kalian?" "2009!" "2009?!" "ITB!" "ITB?!" "Lauk Lauk Lauk" eh yang terakhir salah dink, itu mah dari LSS, yang bener kita teriak "ITB! ITB! ITB!"
"Mana semangat kalian?" "Bodywave dari sebelah kanan aku, mulai!"
Eh, eh, kenapa sih cakrawala doyan banget ngomong, "Fokus ada padaku!" "Untuk yang ada di sebelah kiri 'aku'." Ya pokonya gitu deh, yang ikut PROKM pasti nyengir inget-inget cakrawala ngomong. Hehe:D
Buat Raksadevha, senyum dikit dunk! Jaim semua nih pada jutek-jutek, hohoho! Peace ka!
Lanjut sama seminar setelah apel pagi. Bikin ngantuk di dalem Sabuga. Banyak yang tidur. Padahal pembicaranya bagus-bagus. Hahaha. Naluri untuk tertidur yang menang. Sorenya, biasa lah ngerjain poster sama kardus bareng kelompok. Oia, perkenalkan kelompokku 140: Saya, Ucup, Pei, Yuka, Niken, Cilsi, Rahmi, Adit ( Pa Ketu kami), Puji, Guidho, Dikri, Husen, Yazid (sang teroris), Ryan, Saka, Tikto, Hadi, Awal dan Ben yang anggota baru. Dengan Taplok kami: Ka Hana, Ka Caca, Ka Gery.
Day 5. Banyak acara bareng fakultas. Apel pagi seperti biasa. Senam pagi sama LSS. Salam Diponegoro! (gantinya Salam Ganesha yang merupakan salam tersakral di ITB). Truz cuma ada 1 seminar, langsung mobilisasi ke GKU Timur untuk STEI. Kami bertemu dengan dekan dan para dosen dari STEI! Ada perkenalan dari HME. HMIF kaga dateng, sayang sekali. Katanya ketua HMIF nya lagi presentasi KP. Yah, dimaklumkan saja deh, kami maafkan. hehe:D
Bagi yang cewek, ada dari MSTEI, truz SSdK sama Ka Risa dari IF '06 di 7601 Labtek V. Dari 36 orang yang hadir, perempuan cuma 5 orang, ckckck. Udah selse SSdK, kumpul kelompok, ngerjain tugas lagi deh sampai malam.
Last day. On Saturday: Hari terakhir PROKM, paginya kumpul sama STEI, di depan GKU Timur. Kali ini ada penyambutan dari kakak-kakak HME dan HMIF. Truz satu angkatan STEI disuruh bikin angka 2009. Berhasil tentunya! Selesai acara fakultas, cabut ke kelompok masing-masing. Aku ke lapangan sipil. Main Kebon Binatang. Jadi kucing, meong-meong. hehe:P
Selesai acara di lapangan sipil, cabut ke lapangan SR. Disana mentoring sama ka Rainhard dari Teknik Tenaga Listrik. Ishoma. Dilanjutin mentoring lagi di Taman Ganesha. Eh, ujan! Jadi cabut ke Salman berteduh. Ujan reda, selesai Ashar balik lagi ke Taman Ganesha. Maenan bareng kelompok 140!
Shalat Maghrib, langsung mobilisasi ke Saraga buat 'jumpa HIMA'. Hehehe. Udah gitu closing PROKM. Mantep ada kembang apinya. hohoho. Jadi kayak pesta kembang api taun baru.
Oh iya satu hari lagi. Sunday Sunday Holiday : ada yang namanya OHU alias Open House Unit. Di sana ada stage sama stand dari masing-masing unit yang ada di ITB. Totalnya sekitar 75 unit yang TOP Marko TOP! Ada bazar makanan juga di Labtek V sama Labtek VIII. Buat anak Cirebon, di sana ada Tahu Gejrot loh! Sayang ga ada empal gentong juga. hehe :D
Udah ah sekilas awal Ganesha nya.
Untuk B. Inggris terdiri dari 2 text yang panjang-panjang abiz, masing-masing bacaan untuk 10 soal. Dan katanya 20 soal itulah yang menentukan kami ditempatkan di kelas B.Inggris reading, writing, atau presentation. Alhasil, saya dapet yang paling ga enak yaitu writing.
Istirahat 15 menit.
Kembali dibagikan soal kalkulus, yah cuma 3 lembar. Tapi essay 5 nomor!!! Gelooo! Aing geus 2 bulan teu ngapalkeun. Gw cuma bisa nelen ludah pas ngerjain soal pretest itu. Begitu juga dengan 20 soal fisika dan 40 soal kimia, meskipun pilihan ganda. Hahaha! Begonya gw..
Lanjut ke hari berikutnya. Gladi resik Sidang Terbuka ITB, dan harus mengenakan seragam SMA! Ada SSdK yang menampilkan orang-orang hebat dari kampus kebanggaan bangsa ini sih. Jadi ya not bad lah untuk hari kedua. Tapi pulangnya itu loh?! Para panitia PROKM sudah stand by di pintu sabuga. Kami para mahasiswa baru langsung dikasih secarik kertas buat ospek dan pembagian kelompok. Saat itu juga ternyata harus bergabung dengan kelompoknya dan dibimbing oleh taplok-taplok yang baik hati langsung mendapatkan tugas kelompok yang dikerjakan sampai pukul 8 malam. Tapi, saya baru nyampe rumah jam 9.30. Hhhhh!
Hari ke-3. Sidang Terbuka ITB! Ada rektor, dekan, guru besar, maba S1, S2, S3 ngumpul semua di Sabuga. Ada yang ngomongin nano teknologi pula, yang bikin otak jadi ruwet seketika. Tapi pembicaranya mantap-mantap--walopun gw ga ngerti. Selesai sidang terbuka, ada seminar-seminar lagi. Makan siang dan makan malam gratis. Karena malamnya ada acara opening PROKM yang ga keliatan dari tempat saya berdiri. Jadi entahlah.
Day 4. Apel pagi di Sabuga, diajarin nyanyi lagu 'Kampusku Rumahku'........ Body wave mulu. Cakrawala bilang:"Siapa Kalian?" "2009!" "2009?!" "ITB!" "ITB?!" "Lauk Lauk Lauk" eh yang terakhir salah dink, itu mah dari LSS, yang bener kita teriak "ITB! ITB! ITB!"
"Mana semangat kalian?" "Bodywave dari sebelah kanan aku, mulai!"
Eh, eh, kenapa sih cakrawala doyan banget ngomong, "Fokus ada padaku!" "Untuk yang ada di sebelah kiri 'aku'." Ya pokonya gitu deh, yang ikut PROKM pasti nyengir inget-inget cakrawala ngomong. Hehe:D
Buat Raksadevha, senyum dikit dunk! Jaim semua nih pada jutek-jutek, hohoho! Peace ka!
Lanjut sama seminar setelah apel pagi. Bikin ngantuk di dalem Sabuga. Banyak yang tidur. Padahal pembicaranya bagus-bagus. Hahaha. Naluri untuk tertidur yang menang. Sorenya, biasa lah ngerjain poster sama kardus bareng kelompok. Oia, perkenalkan kelompokku 140: Saya, Ucup, Pei, Yuka, Niken, Cilsi, Rahmi, Adit ( Pa Ketu kami), Puji, Guidho, Dikri, Husen, Yazid (sang teroris), Ryan, Saka, Tikto, Hadi, Awal dan Ben yang anggota baru. Dengan Taplok kami: Ka Hana, Ka Caca, Ka Gery.
Day 5. Banyak acara bareng fakultas. Apel pagi seperti biasa. Senam pagi sama LSS. Salam Diponegoro! (gantinya Salam Ganesha yang merupakan salam tersakral di ITB). Truz cuma ada 1 seminar, langsung mobilisasi ke GKU Timur untuk STEI. Kami bertemu dengan dekan dan para dosen dari STEI! Ada perkenalan dari HME. HMIF kaga dateng, sayang sekali. Katanya ketua HMIF nya lagi presentasi KP. Yah, dimaklumkan saja deh, kami maafkan. hehe:D
Bagi yang cewek, ada dari MSTEI, truz SSdK sama Ka Risa dari IF '06 di 7601 Labtek V. Dari 36 orang yang hadir, perempuan cuma 5 orang, ckckck. Udah selse SSdK, kumpul kelompok, ngerjain tugas lagi deh sampai malam.
Last day. On Saturday: Hari terakhir PROKM, paginya kumpul sama STEI, di depan GKU Timur. Kali ini ada penyambutan dari kakak-kakak HME dan HMIF. Truz satu angkatan STEI disuruh bikin angka 2009. Berhasil tentunya! Selesai acara fakultas, cabut ke kelompok masing-masing. Aku ke lapangan sipil. Main Kebon Binatang. Jadi kucing, meong-meong. hehe:P
Selesai acara di lapangan sipil, cabut ke lapangan SR. Disana mentoring sama ka Rainhard dari Teknik Tenaga Listrik. Ishoma. Dilanjutin mentoring lagi di Taman Ganesha. Eh, ujan! Jadi cabut ke Salman berteduh. Ujan reda, selesai Ashar balik lagi ke Taman Ganesha. Maenan bareng kelompok 140!
Shalat Maghrib, langsung mobilisasi ke Saraga buat 'jumpa HIMA'. Hehehe. Udah gitu closing PROKM. Mantep ada kembang apinya. hohoho. Jadi kayak pesta kembang api taun baru.
Oh iya satu hari lagi. Sunday Sunday Holiday : ada yang namanya OHU alias Open House Unit. Di sana ada stage sama stand dari masing-masing unit yang ada di ITB. Totalnya sekitar 75 unit yang TOP Marko TOP! Ada bazar makanan juga di Labtek V sama Labtek VIII. Buat anak Cirebon, di sana ada Tahu Gejrot loh! Sayang ga ada empal gentong juga. hehe :D
Udah ah sekilas awal Ganesha nya.
21 Agustus 2009
dingdong
Dingdong? Bukan tempat maen game yang pake koin itu. Dingdong yang gue maksud adalah selasar Labtek V. Salah satu gedung di kampus Ganesha. Gue emang udah boleh mempergunakan fasilitas Sekre1 dan Sekre2 HMIF yang letaknya ada di gedung yang sama. Hanya saja entah kenapa, STEI 2009 baik Siberian Infantri (IF dan STI) maupun Trooper (Elektro, Telkom, Power) paling senang berkumpul dan nongkrong di Dingdong. Well, untuk anak-anak HMIF 2009 mungkin seperti yang teman gue blang, "Dingdong itu Sekre 3!"
Day1
Dimulai dari Minggu malam, gue sama Auliya mengerjakan Tugas Pendahuluan praktikum Sistem Digital dan prapraktikum Algoritma dan Struktur Data di dingdong. Kalo siang hari, dingdong itu emang tempat yang menurut gue cukup cozy karena adem banget. Tapi karena gue dan Aul NePe dan ngeADT abis Maghrib, berdiam diri di dingdong itu sangatlah dingin. Niat sih ngerjain TP sendiri sekaligus belajar, namun pada akhirnya nyontek juga punya Unggul Bhakti Muhammad. Kalau ADT sendiri, gue udah mulai mengerjakannya beberapa hari sebelumnya jadi tinggal dikit lagi.
Sekitar pukul setengah delapan, perut gue mulai bernyanyi, Aul juga bilang dia laper. Kami pun memutuskan untuk makan di tempat nasi goreng depan SR (depan gerbang parkiran Seni Rupa). Beres makan, balik lagi ke kampus. Udara malam dirasa sudah sangat merasuk tulang sehingga gue sama Aul pun pindah mengerjakan tugas di Sekre1 HMIF. Saat itu, ada Filman (Sang Kahim), Tomi(senator), dan Dhika (ketua angkatan sesepuh '07) di luar sekre. Yang di dalam sekre ada Lio, Diani, Gilbran, Iza, dan Edo. Mulai ngeADT lagi sampai tengah malam, dan baru selesai -belum selesai sepenuhnya sih- lewat pukul 00.15 dini hari.
Aul nginep di kosan gue yang emang tinggal jalan kaki. Soalnya kosan dia lumayan jauh dan sudah tidak ada akses kendaraan umum. Gue sama Aul ngelanjutin ADT maupun TP yang belum rapi. Mata udah minta dituutp tapi jam 2 masih belum beres banget juga. Gue ga peduli, yang penting gue udah upload tugasnya apapun hasilnya. Mata gue udah ga bisa dikompromi, akhirnya gue pun tertidur.
Dimulai dari Minggu malam, gue sama Auliya mengerjakan Tugas Pendahuluan praktikum Sistem Digital dan prapraktikum Algoritma dan Struktur Data di dingdong. Kalo siang hari, dingdong itu emang tempat yang menurut gue cukup cozy karena adem banget. Tapi karena gue dan Aul NePe dan ngeADT abis Maghrib, berdiam diri di dingdong itu sangatlah dingin. Niat sih ngerjain TP sendiri sekaligus belajar, namun pada akhirnya nyontek juga punya Unggul Bhakti Muhammad. Kalau ADT sendiri, gue udah mulai mengerjakannya beberapa hari sebelumnya jadi tinggal dikit lagi.
Sekitar pukul setengah delapan, perut gue mulai bernyanyi, Aul juga bilang dia laper. Kami pun memutuskan untuk makan di tempat nasi goreng depan SR (depan gerbang parkiran Seni Rupa). Beres makan, balik lagi ke kampus. Udara malam dirasa sudah sangat merasuk tulang sehingga gue sama Aul pun pindah mengerjakan tugas di Sekre1 HMIF. Saat itu, ada Filman (Sang Kahim), Tomi(senator), dan Dhika (ketua angkatan sesepuh '07) di luar sekre. Yang di dalam sekre ada Lio, Diani, Gilbran, Iza, dan Edo. Mulai ngeADT lagi sampai tengah malam, dan baru selesai -belum selesai sepenuhnya sih- lewat pukul 00.15 dini hari.
Aul nginep di kosan gue yang emang tinggal jalan kaki. Soalnya kosan dia lumayan jauh dan sudah tidak ada akses kendaraan umum. Gue sama Aul ngelanjutin ADT maupun TP yang belum rapi. Mata udah minta dituutp tapi jam 2 masih belum beres banget juga. Gue ga peduli, yang penting gue udah upload tugasnya apapun hasilnya. Mata gue udah ga bisa dikompromi, akhirnya gue pun tertidur.
Day2
Eh, udah ga nyambung sama dingdong ya ceritanya? Maap -___-", gue lanjutin deh. Keesokan harinya, gue yang frustasi karena praktikum Sistem Digital gue hari itu failed to the max, gue harus ngulang praktikum tersebut sampai berhasil -at least sampai gue sedikit mengerti sama percobaannya kalo ga gue ga tau apa yang harus gue tulis di laporan- dan gue diajarin sama Unggul. Lots of thanks buat Unggul yang udah ngajarin gue SisDig dengan cukup sabar. Setelah gue ngerti, gue pun mulai membuat laporan yang deadlinenya pukul 4 sore satu hari setelah praktikum. Ya, itu besoknya. Gue hectic, gue lagi frustasi dan gue harus ikut foto angkatan buat tugas OsJur -gue pasti kucel banget dengan muka tanpa ekspresi atau muka gue kusut abis minta disetrika-. Ga tau tuh hasil fotonya gimana, haha -____-.
Semakin malam, gue mulai mengerti apa yang gue harus tulis di laporan. Tapi abis Maghrib sebenarnya ada audiensi untuk acara BINER (Bakti Informatika untuk Negeri) lanjut dengan audiensi senator di sekre2, dan gue ga hadir. *maap ya ka Rosa selaku ketua Biner dan ka Tomi selaku senator :D* Gue pun lanjut mengerjakan laporan di dingdong. Semakin malam, gue baru memahami apa yang seharusnya gue tulis di laporan. Jam 8 gue balik dari kampus, setelah koneksi di dingdong terputus-putus dan koneksi HMIFers di sekre1 servernya dimatiin sama Filman biar pada ikut audiensi.
Sesampainya di kosan, berniat melanjutkan laporan sampai benar-benar kelar. Namun, apa daya, karena gue udah begadang malam sebelumnya gue pun tertidur. Terbangun di pagi hari dan kembali melanjutkan reporting \(^.^)/. Great, it was 7.17 when I almost finisihed it. Tersisa hanya kesimpulan, tapi gue emang
selalu bingung untuk menarik kesimpulan. Gue pun 'nyampah' dulu di beberapa jejaring sosial buat cari inspirasi dan jam 8 gue berhasil merampungkan laporan gue.
selalu bingung untuk menarik kesimpulan. Gue pun 'nyampah' dulu di beberapa jejaring sosial buat cari inspirasi dan jam 8 gue berhasil merampungkan laporan gue.
Day3
Itu kemarin, satu hari di mana gue ga punya beban untuk menyelesaikan tugas apapun yang deadlinenya esok harinya. It felt so comfy, hehe :) berharap jikalau tiap hari seperti itu, tapi suatu hal yang hampir mustahil selama gue masih menjadi mahasiswi Teknik Informatika ITB. Hari itu, gue pulang kuliah jam 5 sore. Seharusnya jam 6, tapi kebetulan dosen mata kuliah yang berlangsung dari jam 5 sampai jam 6 sore tidak ada. Gue pun langsung cabut ke dingdong buat online, menghabiskan batere laptop dulu, menginstall Ubuntu di VMWare, baru gue balik.
Day4
Hari ini, gue menghabiskan waktu istirahat gue dari pukul 11 sampai pukul 1 siang di dingdong. Online, bercengkrama dengan teman-teman, ngobrol, makan Ciwawa -roti yang dijual untuk danus beragam kegiatan kampus-, atau sekedar duduk-duduk di dingdong.
Sorenya, gue kelar kuliah jam5. Terus gue, Ical, Hapsari, dan Dibi berniat untuk menyelesaikan tugas wawancara massa himpunan di Sekre2. Hapsari sama Dibi mewawancarai ka Pudy. Gue sama Ical mewawancarai ka Apip. Selesai wawancara ternyata sudah adzan Maghrib -- > shalat dulu di RPL terus pulaaangg. Eh, eh, begitu keluar Lift di lantai 1, ujan gede bangeeet. Ya udah, mau gimana lagi. Gue sama Ical ke dingdong lagi deh, nyari temen-temen. Dan bener aja, beberapa anak STI masih ada di sana. Duduk lah gue di sana dan kembali membuka laptop untuk sekedar browsing-browsing dan melihat milis.
Menjelang Isya, hujan pun agak reda. gue sama Ical memutuskan untuk pulang. Lalu, seperti inilah gue sekarang. Berhadapan dengan laptop, berusaha mengerjakan tugas, namun malah terdampar di dunia maya ini.
Sabtu, 23 Oktober 2010
Tiga dalam Satu
Ini kisah satu minggu yang lalu. Dimulai dari hari Sabtu setelah UTS Sistem Digital. Sore harinya ada kumpul angkatan buat foto satu angkatan (tugas OsJur). Maklum gue sama temen-temen seangkatan masih Sparta (nama OsJurnya). Selesai foto angkatan, kita cuma main di kampus dan gue juga emang ga bisa pulang karena hujan. Terus gue laper dan ngajak salah satu temen gue -sebut saja Nunu- buat makan. Dari dingdong kita mau pulang buat cari makan, tapi lewat sekre1. Eh, di sana ada yang lagi maen pingpong dan Nunu malah ikutan main pingpong. Jadi terpaksa gue nunggu dia main pingpong *gue malah disuruh jadi wasit :( *. Selesai si Nunu main pingpong, eh, ujan malah gede banget. Terpaksa lagi kita diam di kampus menunggu hujan agak reda. Tapi karena keburu laper dan hujan ga reda juga, gue sama temen-temen yang masih di sekre memanfaatkan Delivery Service.
Awalnya, kita mau pesan KFC, cuma gara-gara bisa diantarnya 2 jam dari kita pesan, kita cancel. Gila aje, ni perut bisa jadi kayak balon kempes kalo nunggu kelamaan gitu. Akhirnya gue tau kenapa pesan antarnya selama itu. Pertama, di Dago saat itu sedang ada semacam pawai. Kedua, itu malem minggu so pasti macet cet cet. Ga jadi pesen KFC, kita telepon HokBen (lmao). Kurang lebih satu jam kemudian, HokBen pesanan pun sampai di Sekre1 HMIF. Oh iya, malem itu untuk pertama kalinya sekre bener-bener dijajah sama 2009! hahahaha :D (evilsmirk). Beres ngeHokBen, gue mau pulang, tapi apa daya hujan ga reda juga. Setelah nunggu sampe jam 10 dan hujan terlihat tidak mungkin reda, gue nekat pulang-ujan-sendirian.
Nah, besoknya, hari Minggu tepat setelah minggu uts. Awalnya berniat untuk istirahat setelah penat seminggu menghadapi uts dan demo tubes plus tugas lainnya. Ternyata gue masih belum bisa istirahat. Jadi, di himpunan gue (HMIF) *udah ngaku-ngaku 'himpunan gue' padahal belum dilantik* sekarang lagi ada Home Tournament (HT). Walaupun 2009 masih menjadi anggota muda di HMIF, kita turut diperbolehkan berpartisipasi di HT.
Ada 13 cabang yang dipertandingkan di HT dan gue kemarin ikut 2 cabang sekaligus. Himpunan Mahasiswa Informatika ini emang cewenya sedikit tiap angkatan dan HT sendiri adalah turnamen antar angkatan. Di angkatan gue aja cewenya cm ada 30 orang. Dan cewe yangada juga jarang banget yang mau keringetan, capek-capek olahraga. Hampir setengah dari jumlah cewe di angkatan gue ga suka olahraga. Dan hari itu, segelintir cewe yang tersisa harus ikut 3 cabang, Jam 7 Voli, Jam 10 futsal, dan jam 2 basket. Bayangin aja, kalo orangnya cuma itu-itu aja gimana ga tepar?!
Nah, paginya gue datang buat voli. Gue yang emank sama sekali ga bisa main voli akhirnya cuma berniat buat menuhin kuorum aja di lapangan biar angkatan gue ga kalah WO. Ternyata pagi-pagi ga jadi HT dan cuma latihan buat Ganevo (ajang kompetisi voli di ITB). Alhasil, gue cuma main-main voli aja karena gue emang ga ikut Ganevo. Gue ga bisa! Tangan gue juga jadi merah semua gara-gara main voli asal-asalan itu. Abis itu, gue balik dulu ke kosan buat ngambil sepatu buat maen futsal.
Ngantuk... dan gue pun ketiduran. Baru sedetik memejamkan mata, ada telepon dari temen gue, Gita, nyuruh ke Saraga. OK, futsal pun dimuulai dan 2009 kalah 2-3 dari angkatan 2007. Yaa, biar kalah tetep seru kok dan yang penting gue assist golnya Caca. Abis itu, kita istirahat sebentar terus makan batagor sama yang lain. Jam 2 kita balik ke lapangan Saraga. Dan akhirnya menang basket three on three dengan skor akhir 10-6 lawan 2008. Itu pun menang karena dapet poin tambahan 4 gara-gara 2008nya terlambat.
Lelah menghampiri sekujur tubuh. Dikala tugas ADT belum dikerjakan sama sekali. Artikel buat buletin pun udah lewat deadline. Konsep seminar Arkav dan pembicaranya belum gue email. Tugas wawancara massa himpunan pun belum gue kirim. Tapi, gue udah keburu tepar. Badan gue remuk semua. Dan sepertinya hal yang serupa tapi tak sama akan terulang minggu ini.
Langganan:
Komentar (Atom)

